SOLOPOS.COM - Suasana pesta kembang api pada acara penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLOASEAN Para Games (APG) XI Solo 2022 sudah selesai dan tuan rumah Indonesia keluar sebagai juara umum. Sejumlah atlet pun langsung tancap gas menjalani program pelatihan nansional atau pelatnas menyambut berbagai event internasional.

Kontingen atlet dari negara peserta telah kembali ke negara masing-masing. Termasuk sejumlah atlet Indonesia telah kembali ke daerah masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun tidak semua atlet kontingen Merah Putih dipulangkan. Ada beberapa yang langsung masuk program pelatnas proyeksi Asian Para Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok.

Baca Juga: Lampaui Target Medali, Indonesia Juara Umum APG XI Solo 2022

“Ada beberapa atlet yang langsung latihan di Solo. Khususnya mereka yang masuk proyeksi terjunkan di ajang Asian Para Games di Hangzhou. Termasuk Paralimpiade 2024 di Paris,” kata Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun.

Senny yang kini menjadi Wakil Presiden ASEAN Para Sport Federation itu menambahkan atlet yang hanya diproyeksikan di APG XI sudah dipulangkan ke daerah masing-masing. Sedangkan menghadapi Asian Para Games 2023 kontingen Indonesia mengandalkan 12 cabang olahraga (cabor).

“Termasuk tiga cabor yang tidak ikut APG di Solo. Ada menembak, lawnball, dan balap sepeda. Total ada 120 atlet dari 12 cabor yang kami persiapkan untuk terjun di Asian Para Games 2023,” kata Senny.

Baca Juga: Mantap, akan Dibangun Training Camp Atlet Difabel di Karanganyar

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia Rima Ferdianto mengaku belum mengetahui kepastian jadwal Asian Para Games 2023. Sedangkan jadwal Asian Games akan dimulai 23 September. Kemungkian Asian Para Games akan digelar sebulan kemudian.

“Kami dengar kabar, di Tiongkok regulasinya ketat sekali. Kalau di satu kota ada satu saja yang kena Covid-19, seluruh kota bisa diisolasi dua bulan. Dan akan di-swab massal. Nasib Asian Para Games bergantung kelancaran Asian Games,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya