SOLOPOS.COM - Ilustrasi magnet. (Freepik)

Solopos.com, MELBOURNE – Niat membikin gelang anti penyakit virus corona (Covid-19), seorang ilmuwan di Australia malah mengalami kejadian apes. Ia terpaksa dilarikan ke rumah sakit gara-gara ada magnet masuk ke hidungnya.

Ilmuwan itu adalah Danie Reardon, seorang ahli studi gelombang gravitasional dan pulsar/bintang neutron di Universiyas Swinburne, Melbourne. Di tengah kebosanan menjalani isolasi diri akibat corona, ia terpikir membikin gelang anti corona.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penggerebekan Kades Karangtengah Wonogiri Selingkuh Berujung Saling Lapor

Menurut ilmuwan berusia 27 tahun itu gelang yang dimaksud adalah benda yang akan berbunyi saat seseorang berusaha menyentuh wajahnya. Menyentuh wajah merupakan salah satu larangan untuk mencegah penularan virus corona.

Ide itu muncul saat ia memainkan empat buah magnet neodymium. Ide itu langsung ia eksekusi lantaran ia juga memiliki sebuah komponen yang disangkanya bisa mendeteksi medan magnet.

Pemkab Sragen Siap Alihkan Anggaran Infrastruktur untuk Corona

"Saya punya beberapa perangkat elektronik, tetapi tak punya pengalaman membuat sirkuit atau yang lainnya. Kebosanan dalam isolasi membuat saya berpikir soal itu," kata Reardon dikutip dari Suara.com seperti dilansir The Guardian, Senin (30/3/2020).

Magnet Masuk ke Hidung

Saat mulai merakit gelang anti corona, Kamis (26/3/2020), ilmuwan itu baru sadar bahwa alat pendeteksi medan magnet itu bekerja berkebalikan dengan yang dia harapkan.

Darurat Corona: Ini  Cara Aman Beli BBM di SPBU

"Saya tak sengaja menciptakan gelang yang terus saja berbunyi dan hanya akan berhenti ketika saya mendekatkan tangan ke wajah," tutur Reardon.

Merasa gagal membuat gelang anti corona, Reardon lantas mengotak-atik magnetnya. Ia mencoba menjepit cuping hidungnya menggunakan magnet. Apesnya, dua magnet itu malah masuk ke hidungnya.

Tiba di Kota Solo, Pemudik Akan Langsung Dikarantina

Reardon lalu berusaha mengeluarkan dua magnet di hidungnya dengan dua magnet yang tersisa. Namun sial, dua magnet malah ikut tersangkut di lubang hidungnya.

Melihat Reardon yang kesakitan, sang kekasihnya pun lalu membawa Reardon ke rumah sakit. Di rumah sakit, para dokter yang melihat insiden itu pun sempat tertawa. Meski demikian, mereka berhasil mengeluarkan empat magnet dari hidung Reardon.

Kecelakaan 2 Mobil Bertabrakan di Boyolali, 2 Orang Terluka

"Ini adalah cedera yang disebabkan oleh isolasi diri dan kebosanan," kata Reardon meniru komentar para dokter yang merawatnya di rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya