SOLOPOS.COM - Tangkapan layar dua pencuri kotak infak di Masjid Al Fatah di Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR—Upaya pencurian uang di dalam kotak infak masjid kembali terjadi di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Kali ini pencuri beraksi di Masjid Al Fatah, Dukuh Plesungan Raya, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Minggu (10/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Upaya pencurian yang dilakukan dua orang tersebut gagal karena ada seorang takmir yang tak sengaja dan memergoki mereka.

Kepala Desa Plesungan, Waluyo, mengatakan kejadian sekitar pukul 11.40 WIB tersebut sempat terekam kamera CCTV masjid. Sehingga kronologi upaya pencurian itu dapat dketahui dengan jelas.

Ia mengatakan kedua pencuri itu datang ke area masjid berboncengan dengan sebuah sepeda motor matik.

Baca Juga: Berkat Alat Ini, Warga Ngawen Klaten Bekuk Pembobol Kotak Infak

Awalnya, salah satu pencuri masuk dan berusaha mengambil kotak amal yang berada di dalam masjid. Namun, ternyata kotak yang terbuat dari logam itu ditanam ke tembok sehingga tidak dapat diambil.

Tak langsung menyerah, ia pun berusaha membuka paksa dengan cara menggunting mulut kotak amal tersebut.

Diperkirakan, ia sudah mempersapkan peralatan untuk mencuri. Sementara itu, pencuri lainnya menyusul masuk dan menggelar sarung di dekat kotak amal yang diperkirakan akan digunakan untuk mewadahi uang curian.

Tapi, upaya menggunting kotak infak itu juga tidak mudah sehingga membutuhkan waktu beberapa saat.

“Kotak amal itu ditanam ke tembok dan kotaknya terbuat dari pelat logam yang cukup tebal sehingga sulit dirusak. Ini sudah didesain untuk mengantisipasi supaya tidak dicuri. Makanya malingnya juga kelihatan kesulitan waktu menggunting pelat itu,” ujar Waluyo.

Baca Juga: Warga Grobogan Tertangkap Tangan Curi Uang Kotak Amal di Masjid Klaten

Pada saat itu, lanjut Waluyo, seorang takmir yang hendak mengumandangkan azan Zuhur datang ke masjid. Sementara itu kedua pelaku yang melihat kedatangan takmir langsung mengemasi peralatan mereka bergegas dan keluar masjid.

“Takmir sempat curiga kepada kedua orang itu, lalu mengejar ke luar, tetapi mereka sudah pergi,” ujarnya.

Di sisi lain, kotak infak tersebut dibuka periode bulanan. Terakhir dibuka oleh takmir sekitar dua pekan lalu sehingga diperkirakan sudah berisi sejumlah uang. “Kotak infak yang mau dicuri ini dibuka bulanan. Kotak Ini beda lagi dengan kotak infak Jumat,” imbuhnya.

Sementara itu, kejadian tersebut sudah dilaporkan kepada polisi dan pihak takmir masjid juga sudah melampirkan rekaman kamera CCTV-nya.

“Semoga pelakunya cepat ketemu dan ini menjadi perhatian untuk masjid lainnya supaya lebih berhati-hati,” ujarnya.

Baca Juga: Kocak! Gagal Mencuri di Warung Satai Klaten, Pencuri Tinggalkan Motor

Sebelumnya, maling kotak amal di masjid Al Mama di RT 002/RW 003 Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar juga sempat terekam kamera CCTV.

Pelaku seorang diri nekat membobol dua kotak amal sekaligus di masjid tersebut. Pencurian terjadi pada Senin (18/4/2022) sekitar pukul 02.00 WIB.

Takmir Masjid Al Mama, Kimbi, menuturkan pembobolan kotak amal di masjid itu merupakan kali kedua dalam beberapa tahun terakhir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya