SOLOPOS.COM - Ilustrasi rapat paripurna DPR (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

APBN 2016 sudah disahkan. Proyek infrastruktur pun segera dilelang.

Solopos.com, JAKARTA — Pasca pengesahan APBN 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran kementerian segera melelang proyek-proyek infrastruktur sehingga pencairan anggaran belanja modal dapat dimulai sejak kuartal I/2016.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Dalam pembukaan Sidang Kabinet Paripurna, Senin (2/11/2015) Presiden Jokowi mengucapkan syukur atas disetujuinya rancangan APBN 2016 oleh DPR pada Jumat (30/11/2015) lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sekali lagi ini sudah disetujui dewan agar segera dilaksanakan lelangnya, nanti tanda tangan kontraknya awal Januari, uang muka Januari sudah bisa dikeluarkan,” ujar Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Senin (2/11/2015).

Presiden Jokowi, menegaskan percepatan tender harus dilakukan utamanya untuk proyek-proyek belanja modal dan infrastruktur. Dalam APBN 2016, pagu belanja modal mencapai lebih dari Rp300 triliun. Jumlah tersebut melampaui pagu tahun ini yang tercatat sebesar Rp276 triliun dalam APBN-P 2015.

“Terutama infrastruktur PU, Perhubungan, Pertanian, ESDM, ini segera dilelang ditenderkan, yang lain juga,” kata kepala negara.

Presiden Jokowi mengungkapkan percepatan realisasi belanja pemerintah harus terus didorong agar mesin perekonomian nasional dapat terstimulasi oleh bergulirnya proyek-proyek yang didanai oleh anggaran negara. “Kita tidak mau terjadi kontraksi pertumbuhan ekonomi gara-gara keterlambatan kita dalam melaksanakan pekerjaan yang berkaitan belanja modal, utamanya infrastruktur,” pungkasnya.

Dalam APBN 2016 yang baru saja diketok pemerintah dan DPR, total belanja negara dipatok sebesar Rp2.095,7 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari belanja pemerintah pusat Rp1.325,6 triliun, serta transfer ke daerah dan dana desa Rp770,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya