SOLOPOS.COM - Ilustrasi anggaran (amazingproject.org)

APBD Sragen mendapat sorotan dari DPRD setempat lantaran ada silpa senilai Rp246,3 miliar.

Solopos.com, SRAGEN – DPRD Sragen menyoroti sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun 2014 yang mencapai Rp246,3 miliar dari nilai APBD Rp1,7 triliun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Fraksi PDIP DPRD Sragen, Sugiyamto, saat dihubungi melalui ponsel, Rabu (15/4/2015), mengatakan seharusnya Pemkab lebih akurat dalam perencanaan anggaran.

“Silpa sebesar itu besar sekali. Kalau digunakan program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat sudah menjangkau sangat luas,” tutur dia, Rabu (15/4/2015).

Sugiyamto meminta penjelasan sektor apa saja yang menyebabkan silpa 2014 sangat besar. Dia meminta masalah yang sama tidak terjadi tahun 2015.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sragen, Untung Sugihartono, mengatakan sebagian silpa berasal dari dana sertifikasi, dana alokasi khusus (DAK) dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Menurut Untung anggaran-anggaran tersebut tidak bisa diutak-atik lagi. Silpa 2014 dari dana sertifikasi tercatat Rp56 miliar, DAK Rp10 miliar dan JKN sekitar Rp7 miliar. Sedangkan Silpa murni daerah hanya Rp150 miliar.

Dari Silpa 2014, sekitar Rp71 miliar sudah masuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sragen 2015. “Ihwal Silpa 2014 ini memang sempat jadi sorotan DPRD. Kami sudah berikan penjelasan,” tutur dia.

Untung menerangkan besarnya silpa 2014 juga disebabkan capaian pendapatan di atas target. Menurut dia realisasi pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2014 jauh di atas target, yaitu mencapai 137 persen.

Terpisah, Sekretaris Forum Sragen Rembug (FSR), Suti Hantoro menilai besarnya silpa 2014 dipengaruhi kurang cermatnya perencanaan anggaran. Dia meminta kelemahan tersebut terus dibenahi eksekutif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya