SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

JOGJA—Realisasi penerimaan sektor pajak di Kota Jogja pada semester I 2013 telah mencapai 50,59%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Pajak Daerah Pemkot Jogja Tugiyarto mengatakan tahun ini pendapatan dari sektor pajak ditarget senilai Rp192,8 miliar atau naik sebesar 19 miliar dibanding target  2012 sebesar Rp173,9 miliar.

“Realisasinya pada semester pertama hingga akhir Juni sudah ada 50,59 % atau Rp97,5 miliar. Jumlah itu sudah sesuai dengan target yang dicanangkan pada awal tahun,” katanya, Rabu (3/7/2013).

Menurutnya dari capaian target yang ada, terdapat lima jenis pajak yang belum mencapai 50% dalam realisasinya. Kelima jenis pajak itu masing-masing pajak restoran 47%, hotel 44,6 %, Pajak Bumi dan Bangunan 36,13 %, Air tanah 32% dan sarang burung walet.

Adapun Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) Kota Jogja Kadri Renggono mengatakan pada semester I 2013 kali ini pihaknya memang menargetkan 50% dari total penerimaan pajak sudah terealisasi. Diharapkan pada semester kedua, target yang telah ditentukan mampu tercapai.

Menurutnya, selama ini persoalan yang membelit dalam pengumpulan pajak tidak hanya  perubahan sistem perhitungan namun juga persoalan lain.  “Kami belum memiliki juru sita. Tentu ini kendala tersendiri bagi kami. Kami berharap keaktifan para wajib pajak agar sadar membayarkan kewajibannya,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya