SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kolom trending topic di Twitter selalu berubah. Hal ini terjadi karena topik perbincangan netizen di media sosial selalu berubah. Trending topic muncul di kolom khusus di pojok kiri Twitter untuk menunjukkan hal-hal viral yang tengah menjadi sorotan.

Terkadang, kolom trending topic di Twitter berisikan tagar untuk saling menjatuhkan di antara dua kelompok yang sedang berseteru. Berawal dari hal tersebut, lantas muncul pertanyaan, apakah trending topic di Twitter bisa diutak-atik oleh pihak tertentu?

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Perwakilan Twitter Indonesia memberikan tanggapan atas pertanyaan tersebut. Menurut mereka, Twitter tidak bisa mengutak-atik trending topic. Algoritma yang menentukan tagar masuk ke trending topic,” terang juru bicara Twitter seperti dikutip dari Detik, Selasa (23/4/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Tagar masuk dalam topik terpopuler bukan berdasarkan banyaknya cuitan. Melainkan kicauan tentang suatu topik yang diunggah bersamaan dalam satu waktu. “Bukan karena jumlah tweet, tetapi percepatan dan peningkatan topik yang dibicarakan tersebut,” sambung perwakilan Twitter.

Adanya buzzer untuk membantu sesuatu menjadi trending topic adalah hal biasa. Jika percakapan itu organik dari akun asli, maka bakal dibiarkan. Twitter memperbolehkan aktivitas buzzer dengan catatan tidak melanggar peraturan serta kebijakan konten.

Twitter punya aturan khusus untuk mengawasi serta mengatur aktivitas akun. Selama tidak ada indikasi spam, maka tagar yang masuk trending topic di Twitter tidak akan dicabut. Jika terdeteksi sebagai spam, maka Twitter berhak mencabut kicauan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya