SOLOPOS.COM - Apakah mobil harus dipanaskan setiap hari? (Autofun.id)

Solopos.com, SOLO — Kebiasaan memanaskan mobil pada pagi hari sering kita lihat pada masa lalu. Namun di era kemajuan teknologi apakah mobil harus dipanaskan setiap hari?

Berikut penjelasan apakah mesin mobil harus dipanaskan setiap hari seperti  yang dihimpun Solopos.com dari Suzuki.co.id, Autofun.co.id dan Momobil.id engenai hal tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kebiasaan memanaskan mesin mobil di pagi hari dulu memang sering dilakukan para pemilik mobil sebelum mengendarai atau digunakan untuk aktivitas.

Memanaskan mesin mobil setiap hari juga dilakukan kendati kendaraan tersebut tidak digunakan, atau diam di garasi rumah.

Sebenarnya kebiasaan tersebut pada zaman dahulu karena terkait jenis mesin yang digunakan pada masa itu. Di mana mobil masih menggunakan karburator atau non injeksi.

Baca juga: Serba-serbi Toyota Starlet 2022, Ini Rentang Harganya

Sehingga memanaskan mobil setiap hari dilakukan untuk menghindari kotoran yang mengendap di mesin sehingga ketika dipanaskan, kotoran tidak akan mengendap atau mengeras.

Termasuk juga mencegah agar jamur dan karat yang tidak tumbuh. Karena jika mesin mobil terus dingin, apalagi berada di garasi dengan cuaca dingin jamur bisa berkembang biak.

Alasan lainnya apakah mesin mobil harus dipanaskan setiap hari untuk mobil bermesin non injeksi adalah agar oli melumasi mesin sebelum digunakan.

Selain itu memanaskan mobil setiap hari adalah bertujuan untuk menjaga kondisi oli jadi lebih baik serta juga kondisi aki mobil.

Baca juga: Ciri-ciri Mobil Bodi Kaleng, Begini Cara Ceknya

Lantas apakah mesin mobil harus dipanaskan setiap hari di era kemajuan teknologi di mana mobil sudah menggunakan mesin injeksi.

Khusus mobil injeksi proses pemanasan pun jauh lebih singkat yaitu hanya 30 detik saja. Anda juga hanya perlu melakukannya jika kendaraan sudah berminggu-minggu mangkrak di garasi.

Anda juga tidak perlu menginjak-injak pedal gas saat memanaskan mesin mobil, karena mobil sekarang dilengkapi teknologi idle up yang membuat mesin mobil berputar dengan sendirinya hingga mencapai suhu tertentu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya