SOLOPOS.COM - Mengganti baterai tanam HP menggunakan spudger. (Pinhome.id)

Solopos.com, SOLO — Smartphone baru yang beredar saat ini sebagian besar menggunakan baterai tanam atau non removable battery. Penggunaan baterai ponsel tanam karena pertimbangan membuat bobot HP (handphone) lebih ringan dan lebih awet.

Kendati ada pertimbangan jika tidak sering dilepas baterai lebih awet, bagaimana jika ada kendala. Seperti baterai sering drop kendati sudah diisi daya. Lantas bolehkah atau bisakah baterai tanam di HP diganti?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Leskompi.com dan Pinhome.id, baterai merupakan sumber tenaga opersional handphone yang harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Kendati demikian ketika baterai tanam mengalami kerusakan, tetap bisa diganti. Alasannya baterai adalah bagian terpisah dari HP.

Baca juga: Ini Cara Mengisi Daya Handphone yang Benar, Biar Baterai Awet

Anda bisa membawa HP ke servis HP terdekat atau perwakilan dari produk HP tersebut. Sehingga Anda bisa mendapatkan baterai tanam pengganti sesuai spesifikasi dari handphone atau smartphone itu.

Namun jika punya kemampuan dalam bidang elektronik, atau keberanian untuk mengganti batera tanam, Anda bisa mempersiapkan peralatan dan berikut cara menggantinya.Pertama siapkan baterai tanam sesuai dengan serinya, Anda bisa beli di toko handphone atau melalui marketplace.

SIM Card Ejector Untuk membuka Tray SIM di HP bisa menggunakan jarum atau peniti, obeng kecil atau biasa disebut obeng HP dengan diameter 1.5mm. Lalu spudger, alat kecil yang ujungnya pipih untuk membuka casing HP.

Baca juga: Baterai Laptop Cepat Habis, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelum mengganti baterai tanam, tentu pastikan HP mati lalu lepaskan Tray SIM Card dengan menggunakan SIM Card Ejector. Selanjutnya bukan casing HP dengan spudger secara perlahan dan hati-hati.

Lepaskan konektor baterai menggunakan spudger, buka konektor baterai tanam, bongkar bagian modul loudspeaker yang melekat pada bagian baterai (kalau ada). Jika menggunakan fitur fingerprint lepas kabelnya perlahan jangan sampai rusak. Selanjutnya lepaskan baterai secara perlahan menggunakan spudger.

Pasang baterai baru yang sudah disiapkan, setelah itu pasang kembali semua konektor yang dilepaskan sebelumnya.Jika sudah semuanya, pasang casing dan diamkan HP beberapa saat. Setelah itu coba kamu nyalakan HP-nya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya