[ X ] CLOSE

Apa Sih Alasan Sirkuit MotoGP Dibangun di Mandalika Lombok?

Kira-kira apa alasan sirkuit MotoGP dibangun di area Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), apa karena keindahannya?
Apa Sih Alasan Sirkuit MotoGP Dibangun di Mandalika Lombok?
SOLOPOS.COM - Aspal di Sirkuit Mandalika Lombok. (MotoGP)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apa sih alasan Sirkuit MotoGP dibangun di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)?

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika tengah disiapkan untuk ajang balapan MotoGP. Sirkuit yang bernama Pertamina Mandalika International Steet Circuit ini juga digunakan sebagai lokasi balapan top dunia, yakni World Superbike (WSBK) pada November 2021 serta Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12-14 November 2021.

Bahkan, keberadaan sirkuit dengan panjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan ini juga mencuri perhatian pembalap MotoGP, Valentino Rossi.

Baca Juga: Ada 8 Syarat Mahasiswa UNS Solo Agar Bisa Jadi Anggota Menwa

Menurutnya, tingkungan-tikungan di Sirkuit Mandalika Lombok sangat menyenangkan untuk balapan MotoGP.

“Saya sudah melihat tata letaknya [lay out], dan video lintasannya. terlihat ada beberapa tikungan untuk melaju cepat, itu akan menyenangkan untuk balapan. Tapi untuk memahami sirkuit secara keseluruhan, trek harus selesai lebih dulu. Dan saya turun langsung dengan motor untuk mencobanya,” kata Rossi dalam wawancara tersebut yang diunggah ulang oleh akun Youtube, Nurdien Korindo, (20/5/2021) lalu.

Baca Juga: Selain Diksar, Ini Tahapan Mahasiswa untuk Masuk Menwa UNS Solo

Lalu, apa penyebabnya Mandalika dipilih sebagai lokasi dibangunnya sirkuit MotoGP?

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari artikel yang tayang di Kementerian Investasi/BKPM, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika bakal memberikan warna tersendiri dalam gelaran balapan level dunia itu. Pasalnya, Mandalika menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Baca Juga:  Pamungkas Gelar Konser Musik di Solo, Ini Tanggal dan Harga Tiketnya

“Tadi Mr Carmelo [CEO Dorna] menyampaikan bahwa ini adalah street circuit, yang katanya sangat indah karena mepet dengan pantai,” ujar Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu.

Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Bagian dari KEK

Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika. Jokowi yakin bahwa penyelenggaraan MotoGP di Mandalika juga memberikan manfaat tersendiri bagi Indonesia. Mandalika sebelumnya telah ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata baru Indonesia selain Bali. “Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga, juga pariwisata kita secara brand akan terangkat dan Mandalika akan mendapat manfaat karena investasi ini,” katanya.

Senada dengan Jokowi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam artikel yang tayang di situs resminya, sirkuit ini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Baca Juga:  8 Universitas di Indonesia yang Cepat Dapat Kerja

Apalagi sirkuit ini menghadap langsung ke Samudera Hindia dengan luas area sekitar 1.035,67 hektar. sirkuit Mandalika juga menyajikan pemandangan indah yang langsung mengarah pada perbukitan dan kawasan pantai. Sebuah perpaduan yang pas untuk menyajikan pariwisata berkualitas.

Sementara itu, CEO Dorna Carmelo Ezpelata mengatakan, salah satu alasan Indonesia dapat menjadi tuan rumah MotoGP karena balap motor begitu populer di Indonesia. Apalagi menurutnya, beberapa tahuri lalu Indonesia pernah menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul 1996-1997. “Lalu kami, mempunyai kesempatan berbicara dengan ITDC untuk menggelar di tempat seperti Mandalika, dengan sirkuit semi permanen dan juga area yang begitu luar biasa, dengan pantai, hotel, dan segalanya,” tuturnya.

Baca Juga:  Kumpulan Ucapan & Quote Sumpah Pemuda, Penuh Semangat!



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago