SOLOPOS.COM - Cek baut pada mesin motor. (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Membeli sepeda motor bekas bisa saja mendapatkan kendaraan yang pernah turun mesin. Jadi ada baiknya cek dan ketahui tanda motor sudah turun mesin agar tidak rugi.

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang banyak diminati terutama di perkotaan yang arus lalu lintasnya sering macet.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karena motor bisa melalui jalan yang tidak terlalu lebar dan bisa melewati jalur alternatif yang tidak mungkin dilalui mobil.

Namun untuk membeli sepeda motor baru tidak memungkinkan, sehingga beberapa orang memilih membeli motor bekas. Namun risikonya mendapatkan motor pernah turun mesin.

Untuk itu Anda wajib mengetahui tanda motor sudah pernah turun mesin, berikut tandanya seperti dikutip dari Planetban.com dan Otoleb.com.

Baca juga: Rekomendasi Motor Bekas di Bawah Rp5 Juta, Pilih yang Mana?

Kondisi baut mesin

Salah satu tanda motor sudah turun mesin adalah kondisi baut mesin. Sebelum membeli motor bekas, baut mesin menjadi bagian yang wajib Anda cek.

Karena jika motor belum pernah turun mesin, maka kondisi baut terlihat mulus tidak ada bekas kunci. Namun jika sudah pernah turun mesin kondisi baut ada bekas kunci saat mengencangkan baut.

Ada Packing Gasket

Apabila motor sudah pernah turun mesin, tanda lainya adalah bekas packing gasket yang sengaja dipasang bengkel untuk menahan rembesen oli mesin.

Namun ada juga bengkel yang merapikan kertas dan lem pada blok mesin, jadi Anda harus teliti saat mengecek blok mesin.

Baca juga: Denda Tilang Tidak Punya SIM, Jangan Kaget Dengan Nilainya

Suara mesin

Tanda motor sudah turun mesin lainnya adalah suara mesin yang sudah tidak halus lagi. Anda bisa mengeceknya dengan tarikan gas yang tinggi dan perhatikan suara mesin.

Apabila suara mesin tidak brebet atau tidak tersendat saat gas motor digeber berarti mesin motor masih bagus.

Coba kendarai

Cara mengetahui tanda motor sudah turun mesin adalah dengan mencoba mengendarai langsung sepeda motor tersebut. Jika tarikan mesin bermasalah atau ngempos, sebaiknya jangan buru-buru membelinya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya