Apa Penyebab Batuk Berdarah, Bahaya Banget Enggak Sih?
Solopos.com|lifestyle

Apa Penyebab Batuk Berdarah, Bahaya Banget Enggak Sih?

Selalu dikaitkan dengan penyakit serius, kira-kira apa sih penyebab batuk berdarah? Ini kata pakar kesehatan dari RSUD Dr Moewardi Solo.

Solopos.com, SOLO -- Apa sih penyebab seseorang mengalami batuk berdarah? Apa selalu dikaitkan dengan penyakit yang berbahaya?

Batuk berdarah atau dalam istilah medis dikenal dengan hemoptisis ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan bisa bersifat serius atau tidak.

Baca Juga: Dilakukan Gibran untuk Usir Masuk Angin, Ini Bahaya Kerokan di Leher

Namun perlu diketahui bahwa batuk berdarah berbeda dengan muntah darah. Dua kondisi ini memiliki penyebab yang berbeda. Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Paru RSUD Dr. Moewardi Solo, DR. dr. Yusup Subagio Sutanto, Sp.P (K), FISR.

Yusup menjelaskan muntah darah dan batuk darah adalah dua hal yang berbeda. Muntah darah biasanya disertai dengan rasa nyeri perut dan mual. Sedangkan batuk berdarah biasanya disertai dengan rasa nyeri dada.

Baca Juga: Beda dari Lainnya, Ada Sate Godog Khas Ngawi yang Bikin Ngangeni

"Pasien bisa tidak terasa apa-apa saat batuk berdarah. Tapi bisa juga dirasa nyeri di bagian dada. Tahu-tahu keluar batuk dan keluar darah. Dan bisa juga pasien merasakan nyeri di dada, ampek," jelas dia kepada Solopos.com pada Senin (31/5/2021).

Lalu, apa penyebab batuk berdarah?

Baca Juga: Benarkah Es Teler Awalnya Berasal dari Sukoharjo?

Dijelaskan Yusup, batuk berdarah bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Tetapi paling umum terjadi karena penyakit bronkitis, TBC, pneumonia hingga kanker paru-paru.

Penyebab Batuk Berdarah

  1. Infeksi paru-paru
  2. Kelainan Struktur paru-paru
  3. Kanker paru
  4. Kelainan darah
  5. Kelainan jantung
  6. Kelainan pembulu darah
  7. Trauma
  8. Penyakit autoimun
  9. Akibat tindakan medis
  10. Penyakit sistemik

Baca Juga:  Ada 100 Daerah di Indonesia yang Terancam Tenggelam, Mana Saja?

Selain di atas, penyebab batuk berdarah juga bisa dikarenakan Covid-19 dengan penyakit penyerta bronkitis dan TBC.

"Covid-nya berat dulu karena Covid bikin paru-paru sembab. Dalam keadaan sembab muncul batuk darah, dan orang itu Covid ada bronkitis, TBC serta kebetulan kena Covid-19. Pada perjalanan Covid-19 masuk ICU bisa batuk berdarah. Tapi tidak semua mengalami itu," ungkap dia.

Baca Juga: Pria Lebih Rentan Terkena Efek Long Covid, Apa Penyebabnya?

Pada kesempatan itu, ia juga berpesan kepada masyarakat yang mengalami batuk berdarah agar segera dibawa ke dokter dan tak perlu takut. "Konsultasi untuk penyakit batuk darah itu diperlukan agar orang yang bisa memahami akan penyebabnya. Lebih baiknya kontrol ke dokter sekaligus dokter bisa memberikan pertolongan. Orang tidak usah takut, memang ini kondisi khusus yang tidak dikehendaki terjadi," imbuh dia.

Pasien yang mengalami batuk berdarah akan dilakukan pemeriksaan berupa rontgen dan juga bronskopi alias endoskopi paru.  "Semua yang mengalami batuk berdarah wajib dirontgen untuk mengetahui penyebabnya," ucap pria yang juga sebagai dosen di Fakultas Kedokteran UNS ini.

Baca Juga:  Penelitian: Angka Kematian Covid-19 pada Anak 40 Persen, Apa Penyebabnya?

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penanganan dengan cara yang tepat bisa mengunjungi RSUD Dr. Moewardi Solo yang berlokasi di Jl Kolonel Sutarto No. 132, Jebres.Atau bisa konsultasi video call melalui Telekonsul dengan dokter spesialis pilihan Anda melalui nomor 081 1267 1881.

Baca Juga: Cek di Sini! Daftar Wilayah Indonesia yang Bakal Nikmati 5G Duluan

Artikel ini merupakan hasil kerja sama RSUD Dr Moewardi Solo dengan Bank Jateng

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago