SOLOPOS.COM - Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). (Antara-Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut 4 vaksin dalam negeri bertajuk Vaksin Merah Putih memperlihatkan perkembangan cukup baik.

Apa saja 4 Vaksin Merah Putih itu? Seperti diberitakan, Indonesia tengah mengembangkan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri bertajuk Vaksin Merah Putih. Namun, tidak banyak informasi perihal kemajuan pengembangan vaksin dalam negeri itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu juga memicu pertanyaan dalam rapat kerja anggota Komisi IX DPR RI dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan BPOM. Anggota Komisi IX DPR RI mempertanyakan kelanjutan vaksin Merah Putih yang gencar didengungkan pada awal pandemi Covid-19. Produksi vaksin Covid-19 dalam negeri ini berkaitan dengan kemandirian Indonesia.

Baca Juga : Indonesia Kembali Menerima 4 Juta Vaksin Sinovac Tahap 115

Ekspedisi Mudik 2024

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan salah satu Vaksin Merah Putih yang memperlihatkan perkembangan cukup baik adalah Vaksin Merah Putih Unair. “Besok saya akan ke Surabaya, Jawa Timur menyaksikan penyerahan sheets vaccine dari PT Biotis Pharmaceutical Indonesia ke Universitas Airlangga. Jadi [Vaksin Merah Putih] ada progress-nya. Ternyata, bikin vaksin tidak semudah yang dibayangkan,” kata Menkes Budi dalam rapat yang disiarkan virtual Senin (8/11/2021) seperti dilansir Okezone.com, Selasa (9/11/2021).

Menkes menerangkan vaksin Unair ini benar-benar dari Indonesia. “Vaksin Unair ini bibitnya dari Indonesia, dikembangkan di Indonesia, oleh tim Unair dan Biotis. Vaksin ini sudah lolos sheets vaccine-nya,” tutur dia.

Kepala BPOM, Penny K. Lukito, menerangkan Indonesia sedang mengembangkan 4 Vaksin Merah Putih. Penny menyebut perkembangan 4 vaksin itu cukup baik. Salah satunya vaksin Unair.

Baca Juga : Duh, Capaian Vaksinasi Dosis Pertama 7 Daerah Jateng Ini di Bawah 50%

“Jadi, empat terbesar daftar Vaksin Merah Putih yang kami kira mempunyai potensi untuk tahun depan bisa produksi di dalam negeri. Dan terus berproses sampai dengan saat ini,” ungkap Penny.

Berikut daftar 4 Vaksin Merah Putih dan perkembangannya:

1. Vaksin Merah Putih Unair

Berdasarkan timeline yang dipegang BPOM, uji klinik fase 1 Vaksin Merah Putih Unair akan dimulai Desember 2021. Fase 2 dan 3 akan dilakukan bersamaan pada Februari 2022. BPOM juga mendampingi proses fasilitas produksi vaksin yang dilakukan PT Biotis.

“Vaksin ini sudah menyelesaikan praklinis pada hewan mencit, lalu makaka [sejenis mamalia]. Sekarang masuk ke arah uji klinik. Harapannya, Emergency Use Authorization (EUA) akan keluar pada Mei atau Juni 2022 sehingga produksi atau komersialisasi bisa sekitar Juni atau Juli 2022,” jelas Penny.

2. Vaksin Baylor

Vaksin tersebut sedang dikembangkan Baylor Medical College. Vaksin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini baru saja menyelesaikan praklinik fase 2. “Akan masuk uji klinik fase 1 di Desember 2021. Dan masih ada komunikasi dengan kami dalam waktu dekat sehingga diharapkan EUA keluar pada Juni 2022 dan produksi pada Juli 2022,” ungkap Penny.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 di Kudus Kedaluwarsa, Ganjar Bantah Terlambat Kirim

3. Vaksin Zifivax

Penny menjelaskan bahwa Vaksin Zifivax sudah mengantongi UEA. Selain itu, sudah melalui uji klinik di Indonesia. “Jadi, ada bagian dalam negerinya. Kemudian, vaksin ini mempunyai mitranya, join dengan JBio,” kata Penny.

Penny menyebut akan ada produksi fill and finish dengan PT Biotis sekitar Februari 2022. Kemudian, lanjut dia, jangka panjang akan ada transfer teknologi dalam pengembangan vaksin dengan JBio. Dia menyebut JBio sedang membangun fasilitas tersebut.

4. Vaksin mRNA PT Etana-Walvax (China)

Penny menyampaikan vaksin itu diharapkan menjalani uji klinik pada Februari 2022. Selain itu, pada bulan yang sama akan ada fill and finish dengan bulk import. “Dan jangka panjang akan produksi dari hulu-hilir di PT Etana,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya