Apa itu Virus Hendra? Ini Penjelasannya

Namanya yang unik sering dikaitkan dengan nama orang, apa itu virus Hendra?
SHARE
Apa itu Virus Hendra? Ini Penjelasannya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus hendra

Solopos.com, SOLO-Namanya yang unik sering dikaitkan dengan nama orang, apa itu virus Hendra? Benarkah nama penyakit ini diambil dari nama orang? Simak ulasannya di info sehat ini.

Sehubungan dengan adanya laporan kasus di Queensland Australia maka Kementerian Kesehatan telah berkomunikasi dengan WHO untuk pengamatan penyakit ini, yang pada kasus sekarang ini sejauh ini hanya ada laporan dari Australia itu.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Apa itu virus hendra? Virus Hendra (pernah disebut equini morbillivirus) adalah anggota dari keluarga Paramyxoviridae, genus Henipavirus yang punya 2 anggota, yaitu Hendra virus dan Nipah virus.  Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama virus Hendra kali pertama diisolasi pada September 1994 dari spesimen yang diperoleh selama wabah penyakit pernapasan dan neurologis pada kuda dan manusia di Hendra, pinggiran Brisbane, Australia.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Kamis (19/5/2022), reservoar alami virus hendra adalah kelelawar dari genus Pteropus yang ditemukan di Australia.  virus ini menyebabkan penyakit pada kuda di Australia, dan infeksi pada manusia terjadi karena paparan dari sekresi dari kuda yang terinfeksi virus hendra.

Baca Juga: Virus Hendra, impor produk turunan kuda Australia juga dilarang

Kasus pada manusia sangat jarang, namun dari yang pernah ditemukan gejalanya sama seperti gejala penyakit pernafasan berat. Salah satu kasus awal adalah dokter hewan dan petugas yang menangani peternakan kuda (di Australia) yang kemudian kudanya sakit dan menularkan ke manusia.

Tes laboratorium yang dapat digunakan untuk mendiagnosis virus Hendra adalah tes antibodi dengan ELISA (IgG dan IgM), RT-PCR) dan isolasi virus.

Penyakit ini dapat dicegah dengan menghindari hewan yang diketahui terinfeksi Hendra Virus dan menggunakan alat pelindung diri yang aman bila akan kontak dengan hewan yang dicurigai berpotensi terinfeksi.

Baca Juga: Virus Kuda ‘Hendra’ ancam manusia

Di Australia, kasus pada kuda secara sporadik terus terjadi, namun jumlah kasusnya tidak banyak. Infeksi pada manusia sangat jarang, sebagai gambaran dari salah satu publikasi didapatkan gambaran kasus infeksi pada manusia dari tahun 1996 sampai 2007 ada 7 kasus (dari total 13 outbreak yang ada), dengan rincian sbb:
-Januari 1999 di Trinity Beach, Queensland
-Oktober 2004 di Gordonvale, Queensland
-Desember 2004 di Townsville, Queensland
-Juni 2006 di Peachester, Queensland
-Oktober 2006 di Murwillumbah, New South Wales
-Juni 2006 di Peachester, Queensland
-Juli 2007 di Clifton Beach, Queensland.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago