SOLOPOS.COM - Sejumlah muda mudi berpose menampilkan busananya di zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). (Antara/Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, SOLO-Viral lantaran keunikan dan juga pendaftaran hak atas kekayaan intelektual (HAKI) oleh perusahaan milik Baim Wong, lantas apa itu Citayam Fashion Week?  Diketahui sejumlah pesohor ikut catwalking di acara ini antara lain Paula Verhoeven hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Banyak warganet yang masih penasaran terhadap event fashion show ini. Terlebih acara ini disebut bukan berasal dari kalangan berduit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apa itu Citayam Fashion Week? Ini adalah fenomena di mana anak muda asal Citayam, Bogor, dan Depok yang nongkrong di salah satu tempat ternama di Jakarta dengan berbagai fashion yang mereka punyai dan mau mereka pamerkan.

Citayam Fashion Week adalah tiruan Paris Fashion Week yang menjadikan jalanan sebagai ajang pameran busana. Jika Paris Fashion Week diikuti oleh desainer kondang, Citayam Fashion Week awalnya dimulai olah anak-anak muda yang nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week

Dikutip dari berbagai sumber, anak-anak muda tersebut banyak yang berasal dari Citayam, Depok. Oleh karena itu, ajang pameran busana jalanan itu bernama Citayam Fashion Week.  Selain dari Citayam, anak-anak muda yang unjuk gigi di Citayam Fashion Week juga banyak berasal dari Bojonggede, Depok. Walhasil, kawasan SCBD yang dulu terkenal dengan singkatan Sudirman Central Business District pun berubah menjadi Sudirman Citayam Bojonggede Depok.

Citayam Fashion Week berawal dari ide untuk menghabiskan waktu dan adu kreativitas para anak muda dalam tampil modis. Anak-anak muda itu saling beradu gaya dengan memanfaatkan outfit pilihan masing-masing di Citayam Fashion Week. Anak-anak muda yang menginisiasi Citayam Fashion Week antara lain Bonge dan Jeje, dari Citayam.

Selain itu, Citayam Fashion Week juga dimanfaatkan untuk membuat konten video dan foto. Hasilnya, mereka unggah di media sosial.  Lokasinya berada di kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Lokasi ini memang strategis bagi warga Citayam, Depok dan Bojonggede karena bisa diakses dengan mudah menggunakan KRL.

Baca Juga: Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week Tuai Hujatan Warganet

Setelah mengetahui apa itu Citayam Fashion Week, ketahui pula sejumlah nama ikonik yang jadi populer dari sini. Mereka adalah Roy, Bonge, Kurma, dan Jeje. Bonge dan Jeje adalah ikon dari Citayam Fashion Week yang tengah viral. Keduanya langsung diajak kolaborasi sejumlah kreator.

Terakhir, Bonge dan Jeje yang masih belasan tahun tersebut membintangi single terbaru Kelvin Joshua atau Keljo yang berjudul Jangan Katakan Cinta.

Lagu Keljo tersebut langsung trending di YouTube karena menampilkan Bonge dan Jeje yang berpenampilan nyentrik.  Di video klip tersebut, meski terlihat punya ikatan sebelumnya, Bonge dan Jeje baru bertemu di Citayam Fashion Week.

Baca Juga: Ini Aksi Muda-Mudi Pamerkan Busana di Citayam Fashion Week di Jakarta

Bonge yang memiliki nama asli Eka Saputra merupakan anak Bojonggede. Dia mengaku putus sekolah. Lantas bagaimana awal mula nongkrong di SCBD? “Awalnya liat temen-temen nongkrong kok kayaknya bagus-bagus ya, terus akhirnya datang berdua ama teman. Seringnya datang jam 12 siang pulang jam 6 pagi.  Ketemu pacar [Kurma] juga di sana,” bebernya dikutip dari kanal Youtube Trans TV Official, Senin (25/7/2022).

Feni Rose sebagai pembawa acara pun menanyakan berapakah uang yang dihabiskan Bonge sekali nongkrong?  “Terkadang Rp300.000 buat nongkrong doang,” beber Bonge yang mengaku mendapatkan uang dari ngamen dan ngonten.

Baca Juga: Deretan Artis Ini Meriahkan Citayam Fashion Week, Siapa Saja?

Dari Bojonggede dia naik KRL ke Sudirman. Namun menurut Bonge dia tidak setiap hari pulang. “Kadang seminggu ga balik, tidur di dalam terowongan deket Sudirman,” beber Bonge.

“Kamu ga dicariin?” tanya Feni Rose.

“Biasanya ngomong duluan,” bebernya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya