SOLOPOS.COM - Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kota Bengawan di Jawa Tengah memiliki tiga nama sebutan. Mulai dari Kora Surakarta, Sala, dan Solo. Lantas, manakah nama sebutan yang pas?

Solo atau Sala merupakan penyebutan populer atau umum yang digunakan masyarakat. Sedangkan penyebutan resmi adalah Surakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebutan ini berawal dari nama Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kemudian ditetapkan menjadi nama resmi kota secara administratif.

Jadi, nama resmi Kota Solo adalah Surakarta. Walaupun pada dasarnya secara substansi penyebutan semua nama itu benar dan tidak mengubah arti dalam menunjuk Kota Bengawan.

Dilansir dari Instagram resmi Pemerintah Kota Solo, @pemkot_solo, Rabu (18/5/2022), meski substansinya sama, penggunaan nama kota perlu disesuaikan. Sebab, keduanya memiliki perbedaan istilah.

Baca juga: Cari Ikan, Warga Solo Ini Malah Temukan Jasad Bayi di Kali Bengawan

Nama Solo berhubungan dengan sejarah perpindahan kerajaan dari Kartasura menuju Desa Sala pada 1745, setelah Geger Pecinan pada 1740. Seiring dengan kedatangan orang Belanda, kata Sala berubah menjadi Solo dalam pelafalannya.

Perbedaan Solo dan Surakarta terletak pada lokasi dan penunjukannya. Solo merujuk pada desa yang menjadi tempat berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sedangkan Surakarta adalah nama resmi Kota Solo yang diambil dari nama keraton.

Seiring berjalannya waktu, nama Solo lebih populer dipakai masyarakat. Sementara nama Surakarta lebih merujuk pada penyebutan resmi kota sekaligus nama eks-keresidenan yang terdiri dari tujuh wilayah, yaitu Boyolali, Sragen, Wonogiri, Klaten, Karanganyar, Solo, dan Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya