SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemimpin oligarki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Apa sebenarnya arti dari kata oligarki yang belakangan hari ini sering terdengar? Sejumlah pihak menuding pemerintahan di Indonesia saat ini tak jauh beda dengan sistem oligarki.

Yang terbaru, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menyebut Indonesia telah dikuasai oligarki. Pernyataan itu dilontarkan dalam orasi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Minggu (10/4/2022).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Bahkan dalam orasinya, Ketua BEM UI, Bayu Satria menyebutkan politik alternatif perlu digaungkan untuk melawan oligarki saat ini. “Simbol politik alternatif kepada negara kita yang sudah kekurangan politik alternatif. Salah satu cara untuk melawan politik oligarki dengan politik alternatif,” katanya.

Baca Juga: Demo BEM UI Hari Ini: Negara Telah Dikuasai Oligarki!

Lalu, apa sebenarnya arti Oligarki? Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online versi Kemendikbud, oligarki adalah pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu.

Istilah oligarki diambil dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu oligon yang berarti sedikit dan arkho yang artinya memerintah. Secara istilah, oligarki dapat diartikan sebagai bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat, baik dibedakan menurut kekayaan, keluarga, atau militer.

Baca Juga: Oligarki Makin Menguat pada Pemilu 2024

Bisa dibilang, oligarki adalah sistem pemerintahan yang dikendalikan sebagian kecil golongan. Sistem ini tentu sangat bertentangan dengan demokrasi yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakil, di Indonesia disebut DPR.

Terlepas dari arti sebenarnya, pernyataan ketua BEM UI yang menyebut negara sedang dikuasai oligarki sebenarnya belum terbukti. Pernyataan tersebut diduga terlontar sebagai asumsi dari hasil observasi terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya