SOLOPOS.COM - Antrean warga membeli tiket KA bandara Solo mengular di Skybridge Stasiun Solo Balapan, Rabu (1/1/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO -- Antusiasme masyarakat untuk menjajal kereta api (KA) bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo masih tinggi.

Antrean pembeli tiket KA bandara membeludak sejak hari pertama soft launching KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Minggu (29/12/2019) lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan, jumlah penumpang mencapai lebih dari 3.500-an orang pada Selasa (31/12/2019). Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengatakan jumlah penumpang untuk sebagian besar pemberangkatan KA Bandara dari Stasiun Solo Balapan mencapai 100% atau 200 penumpang.

Menurutnya, KA Bandara selalu terisi penumpang sejak KA pertama hingga terakhir setiap harinya. Ini belum termasuk penumpang yang berangkat dari Stasiun Bandara (Bandara Adi Soemarmo) menuju Stasiun Solo Balapan.

"Jumlah penumpang KA BIAS pada Selasa [31/12/2019] totalnya 3.568 penumpang. Pada Rabu ini pun antrean masih luar biasa di loket tiket peron KA Bandara,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (1/1/2020).

Pedagang Bakso Aniaya Istri Siri di Pasar Sragen, Rahang Dipukul Kemaluan Diinjak

Jadwal keberangkatan pertama KA Bandara dari Stasiun Solo Balapan dimulai pukul 04.25 WIB dan terakhir pukul 23.14 WIB. Sedangkan KA dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo berangkat pertama pukul 04.53 WIB dan terakhir pukul 23.42 WIB.

Waktu tunggu per trip selama 19 menit. Di sisi lain, kereta ini berhenti 2 menit di Stasiun Kadipiro. Lebih lanjut Suharyanto menjelaskan KA Bandara keberangkatan pertama pukul 04.25 WIB kebanyakan diisi penumpang yang hendak naik pesawat.

Di sisi lain, KA Bandara penuh 100% atau 200 penumpang pada pemberangkatan KA 839 (kedelapan) pada pukul 09.04 WIB sampai dengan KA 867 (trip ke-22) pukul 18.20 WIB.

“Jumlah penumpang KA Bandara semakin bertambah pada Rabu [1/1/2020]. Hal ini terlihat dari volume penumpang KA tujuh trip awal, yakni 1.015 penumpang yang naik,” imbuhnya.

Dari pantauan Solopos.com di Stasiun Solo Balapan, Rabu siang, antrean panjang terlihat dari pintu masuk peron KA Bandara di Sky Bridge sampai eskalator menuju ke Stasiun Solo Balapan. Calon penumpang ini didominasi rombongan keluarga.

Hujan Lebat, Jalan Depan Rumah Duka Thiong Ting dan SPBU Manahan Solo Bak Kolam Ikan

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengimbau masyarakat untuk mendahulukan calon penumpang yang hendak naik pesawat.

Di sisi lain, animo masyarakat yang tinggi untuk menjajal KA bandara tak terlepas dari kebijakan pemerintah menggratiskan tiket KA bandara selama dua bulan, yakni Januari - Februari 2020. Selain itu, akhir tahun ini berbarengan dengan libur sekolah.

“Kami senang sekali tingkat keterisian KA Bandara bagus. Ini menandakan antusiame masyarakat luar biasa. Tapi, mohon diprioritaskan untuk calon penumpang yang benar-benar hendak naik pesawat terbang agar tidak ketinggalan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya