ANTISIPASI TEROR: Pengamanan Bandara A Yani Diperketat

SHARE
ANTISIPASI TEROR: Pengamanan Bandara A Yani Diperketat
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mandalaair.com)

Ilustrasi (mandalaair.com)

SEMARANG-Jajaran Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) meningkatkan pengamanan kawasan Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat (Lanumad) dan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang dari aksi terorisme. Sejumlah prajurit Penerbad dengan bersenjata laras panjang SS-1, Kamis (13/9/2012), terlihat berjaga-jaga di sejumlah titik stregis, seperti di depan pintu masuk.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Petugas melakukan pemeriksan setiap mobil yang akan masuk ke kawasan Landasan Utama TNI AD (Lanumad) dan Bandara A Yani yang berada satu kompleks. Pemeriksaan ini untuk memastikan tak ada bom atau bahan peledak berbahaya di dalam mobil. Dalam pengamanan itu prajurit Penerbad didukung petugas kepolisian, Detasemen Intel Kodam IV Diponegoro, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Corps Polisi Militer (CPM).

Komandan Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kolonel CPN Catur Puji Santoso, mengatakan pengamanan dilakukan melalui dua ring. Ring terluar Bandara A, sekitar radius satu kilometer petugas memeriksa setiap orang yang hendak masuk, khususnya menggunakan mobil. Sedang di ring dalam atau lingkungan dalam bandara dilakukan dengan pengamanan tertutup melibatkan petugas berpakaian preman (sipil).

”Pengamanan ini untuk mencegah adanya ancaman teror atau upaya pihak tak bertanggungjawab mengganggu aktifitas Lanumad dan Bandara A Yani,” ujarnya. Dengan adanya peningkatan pengamanan ini, lanjut dia, akan membuat siapa pun berpikir ulang untuk melakukan teror di Bandara A Yani. Untuk itu, Catur, meminta pengertian masyarakat supaya dapat memahami ketatnya pengamanan dengan melakukan pemeriksaan mobil mereka. ”Masyarakat jangan menganggap pemeriksaan ini mengganggu aktifitas mereka,” tandasnya.

Selain menggelar operasi pengamanan, prajurit Penerbad juga menggelar latihan mengenali ancaman bahaya, mengatasi kebakaran serta penanganan korban kebakaran di Bandara A Yani. “Melalui latihan ini personil Penerbad senantiasa siap menghadapi segala tugas,” ujarnya.
.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago