SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi. (Antara/HO-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan sederet skenario untuk mengantisipasi lonjakan pemudik saat selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho, mengatakan sejumlah skenario telah disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas selama libur Nataru. Skenario itu mulai dari pengalihan arus, contraflow, dan lain-lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk perkiraan persentase peningkatan arus masih kami koordinasikan dengan Dinas Perhubungan. Untuk langkah lain seperti penerapan ganjil genap di jalan tol, saat ini masih dikaji,” ujar Agus, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Tak Ada Penyekatan di Jalan Solo-Jogja Wilayah Klaten Saat Libur Nataru

Sementara itu, selama masa libur Nataru, Polda Jateng juga akan menggelar Operasi Lilin Candi 2021 terhitung mulai tanggal 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Selama Operasi Lilin Candi itu, Polda Jateng akan mendirikan sejumlah pos pelayanan terpadu di beberapa lokasi mulai dari jalur pantura, tol, hingga jalur tengah, jalur selatan, dan jalur selatan-selatan.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan 356 pos pelayanan terpadu di lima penggal jalan provinsi Jateng. “Untuk pengamanan Nataru, kita siap menggelar Operasi Lilin Candi 2021. Kita dirikann pos di perbatasan antarkota, dalam kota, maupun rest area tol,” jelas Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng menambahkan pos tersebut didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk penegakan protokol kesehatan. Pos didirikan juga dalam rangka mengamankan kegiatan masyarakat selama periode libur Nataru.

“Kami imbau masyarakat tetap mematuhi prokes, mengutamakan keselamatan di jalan raya. Kita berupaya maksimal agar aktivitas masyarakat berjalan aman dan lancar,” imbuh Kapolda Jateng.

Baca juga: Kapolda Jateng Pastikan Tak Ada Penyekatan, Cuma Check Point

Kapolda juga mengharapkan masyarakat tidak mengadakan perayaan tahun baru secara berlebihan. Hal ini terkait persebaran Covid-19 yang saat ini masih mengkhawatirkan.

Selama Operasi Lilin Candi 2021, Polda Jateng akan menerjunkan 14.422 personel untuk melakukan pengamanan. Belasan ribu personel pengamanan itu terdiri dari 8.800 anggota Polri, 1.104 prajurit TNI, 992 petugas Dishub dan 3.526 personel dari berbagai instansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya