SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota Polres Kulonprogo saat melakukan kegiatan latihan SAR di Laguna Pantai Glagah Kulonprogo dipimpin oleh Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, pada Kamis (28/10/2021). (Harian Jogja-Polres Kulonprogo)

Solopos.com, KULONPROGO — Polres Kulonprogo antisipasi laka air mengingat wilayahnya memiliki sejumlah waduk dan garis pantai yang cukup panjang. Sehingga, potensi bahaya yang melibatkan nyawa manusia bisa terjadi.

Kapolres Kulonprogo AKBP, Muharomah Fajarini, mengatakan musibah atau keadaan darurat di perairan, seperti sungai atau laut merupakan kejadian yang tak diharapkan oleh siapapun. Dibutuhkan respon atau penanganan sesegera mungkin dari petugas tanpa melupakan faktor keselamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kemampuan serta keterampilan pertolongan air menjadi hal yang cukup penting untuk dipahami dan dipelajari. Khususnya bagi personel Polres Kulonprogo. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan SAR di perairan,” ujar Fajarini pada Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Kalah Tipis, Calon Kades di Kulonprogo Laporkan Rival ke Polisi

Dikatakan Fajarini, sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan atau Penyelamatan). Maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR. Serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang maupun pendukung kegiatan di lapangan.

Lebih lanjut, kegiatan latihan SAR air oleh Polres Kulonprogo digelar di Laguna Pantai Glagah Kulonprogo dipimpin oleh Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, didampingi oleh Wakapolres Kulonprogo Kompol Sudarmawan, dan diikuti oleh sejumlah personel Polres Kulonprogo pada Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Terkuak! Mularti, Jenazah di Muara Sungai Opak Bantul Korban Pembunuhan

“Latihan SAR Air ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan profesionalitas personel Polres Kulonprogo. Pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air,” imbuh Fajarini.

Fajarini menambahkan latihan SAR di air juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan. “Serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di lautan lepas,” sambung Kapolres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya