SOLOPOS.COM - Situasi lalu lintas di depan Terminal Tawangmangu, Karanganyar. Foto diambil belum lama ini.: (Espos/ Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar merencanakan strategi buka tutup jalan untuk jalur menuju objek wisata di Tawangmangu di momen libur Lebaran 2021. Penerapan rekayasa lalu lintas akan bersifat situasional melihat kondisi kepadatan lalu lintas.

Rencana tersebut sebagai bentuk antisipasi potensi melonjaknya jumlah kendaraan yang akan terjadi saat libur Lebaran akibat banyaknya wisatawan lokal Soloraya yang akan bertamasya ke Tawangmangu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko, mengatakan untuk antisipasi pihaknya merencanakan sistem buka tutup jalan. Nantinya, sistem akan menerapkan satu arah menuju ke Tawangmangu mulai dari Simpang Karangpandan dan pengendara yang turun melalui jalur Matesih pada pagi hari. Untuk sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, sistem jalur menjadi satu arah menuju Karanganyar Kota dan pengemudi yang akan naik melalui jalur Matesih.

“Tapi sistem ini tidak kami terapkan langsung. Kami akan melihat situasinya terlebih dulu. Kalau nanti ternyata ada potensi kemacetan baru kami terapkan,” terang dia mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP M. Syafi Maulla ketika dihubungi  , Kamis (13/5/2021).

Puncak Pada Akhir Pekan

Kasatlantas memprediksi puncak kunjungan akan terjadi pada akhir pekan atau Sabtu hingga Minggu (15-16/5/2021). Hingga Kamis pukul 16.00 WIB, terpantau arus lalu lintas di jalur menuju objek wisata di Tawangmangu cenderung landai. “Kami prediksi akhir pekan baru terlihat, tapi kalau memang ada tanda-tanda kemacetan kami akan segera lakukan tindakan rekayasa lalin,” imbuh dia.

Selain rekayasa lalu lintas, Satlantas Polres Karanganyar juga mengimbau petugas parkir dan pengguna jalan untuk tidak memarkirkan kendaraan di dua sisi jalan di sepanjang jalur wisata Tawangmangu. Petugas parkir sebaiknya mengarahkan kantong parkir di salah satu sisi jalan saja. “Kebanyakan di sekitaran Pasar Tawangmangu yang mengakibatkan kemacetan [parkir dua sisi jalan]. Nanti ada petugas di Pos Tawangmangu yang akan bertugas menertibkan kalau hal tersebut terjadi,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya