SOLOPOS.COM - Kepadatan pengunjung car free day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Aparat Polresta Solo akan berjaga di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, tempat dilangsungkannya car free day (CFD), Minggu (5/6/2022).

Keberadaan polisi di car free day tersebut sebagai bentuk antisipasi terhadap aksi copet yang marak terjadi di lokasi bersantai tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laman resmi Pemkot Solo, https://surakarta.go.id memberitakan, tugas untuk menangani copet berada di tangan kepolisian.

Ekspedisi Mudik 2024

“Terkait permasalahan tersebut, Polri telah melakukan evaluasi untuk menangani kasus copet di CFD. Tertulis dalam Undang-undang bahwa copet masuk sebagai tindakan kriminal, yang mana pengaturannya menjadi kewenangan Polri. Adapun tindak lanjut terhadap permasalahan tersebut, yaitu akan dilakukan patroli bersama oleh pihak-pihak berwenang, sebagai bentuk antisipasi,” tulis situs tersebut seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (4/6/2022).

Baca Juga: Awas! Copet Beraksi di Car Free Day Solo

Secara berkala, akan ada petugas yang bergantian keliling untuk memastikan keamanan pengunjung.

Jika ditemukan ada kasus pencopetan, maka dapat segera ditangani.

Selain itu, petugas juga akan aktif mengingatkan agar masyarakat selalu waspada di tengah keramaian.
Sementara, pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga dan tidak lengah terhadap barang bawaannya serta meminimalkan memakai perhiasan atau membawa barang-barang berharga di tempat umum.

Baca Juga: Begini Suasana Solo Car Free Day Pertama Setelah 2 Tahun Vakum

“Sebab berdasarkan kasus yang sudah terjadi, pencopet akan mengincar orang-orang yang terlihat mencolok memakai perhiasan dan seringkali melancarkan aksinya dengan merobek tas korban. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang solid antara pengunjung dan aparat, agar tercipta CFD yang nyaman dan aman.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya