SOLOPOS.COM - Ansari Kadir, mitra bisnis Kaesang Pangarep di Sang Pisang. (Instagram)

Solopos.com, JAKARTA—-Dalam bisnis berlaku rumus: tidak ada pengusaha sukses yang tidak pernah gagal. Sukses tidaknya seseorang bergantung pada tingkat keuletan dan kesabarannya.

Teori ini dipraktikkan Ansari Kadir, mitra Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo di bisnis Sang Pisang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Bisnis, Jumat (17/9/2021), Ansari Kadir rela meninggalkan pekerjaannya untuk memulai bisnis pisang goreng.

Perusahaan Ternama

Ia sebelumnya telah bekerja di berbagai bidang. Ansari pernah bekerja sebagai sales di perusahaan otomotif ternama di Indonesia.

Dirinya berhasil menjual sebanyak 7.000 unit motor pada tahun 2016, dan pada tahun 2018 sukses menjual sebanyak 7.500-8.000 unit dalam waktu 1 bulan, pada masa festival Jakarta Fair.

Selain itu, Ansari sebenarnya juga sudah mencoba untuk berbisnis. Dirinya pernah berbisnis di berbagai bidang yakni sebagai peternak udang, franchise refleksi, beras, butik dan lain-lainnya.

Tidak Fokus

Sayangnya, bisnis-bisnis tersebut gagal dikembangkan oleh Ansari. Dirinya mengaku bahwa faktor kegagalannya adalah tidaklah fokus.

Pada saat itu Ansari masih bekerja. “Kalau jadi seorang pengusaha, kan kita harus fokus. Antara kita akan menjadi seorang praktisi (membesarkan perusahaan orang), atau membesarkan perusahaan sendiri. Dan itu mentrigger (menantang) saya,” ucapnya yang dikutip dari Youtube Cobaz Entertainment.

Baca Juga: 

Akhirnya setelah 8 tahun Ansari merasa berada di zona nyaman, Ansari memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai usahanya sendiri, yakni raja pisang kremes.

Ansari memulai dengan membuat gerobaknya sendiri.

Kemudian saat bisnis tersebut sudah berjalan dua sampai tiga bulan, gerobaknya dicuri orang.

Gerobak Dicuri

“Tiga bulan berjalan, omset sudah mulai 10 sampai 15 juta per bulan, gerobaknya hilang, dicuri sama orang,” ucapnya.

Ansari pantang menyerah. Dirinya membuat business plan dan kemudian disebar ke beberapa investor, hingga bertemu dengan Kaesang dan membangun Sang Pisang.

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Anasari kini berposisi sebagai Chief Marketing Officer dalam PT Harapan Bangsa Kita yang memiliki tujuan untuk menggandeng UMKM naik kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya