[ X ] CLOSE

ANOMALI CUACA : Alergi “Musim Dingin” Indonesia? Cegah dengan Bahan-Bahan Ini

ANOMALI CUACA : Alergi “Musim Dingin” Indonesia? Cegah dengan Bahan-Bahan Ini
SOLOPOS.COM - ILustrasi (Magforwomen.com)

Solopos.com, JOGJA — Anomali cuaca yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Tidak jarang, kita mengalami alergi terhadap suhu dingin ini terutama di pagi hari. Tapi jangan khawatir. Beberapa bahan alami bisa anda manfaatkan untuk mencegah terjadinya alergi terhadap suhu udara dingin itu.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan untuk mencegah alergi udara dingin seperti dikutip dari worldchyper.com:

Susu kambing
Kandungan antibiotika dalam susu kambing sangat baik untuk mencegah terjadinya alergi, tak terkecuali alergi terhadap suhu dingin. Kandungan itu bisa mengembalikan serta meningkatkan daya imun tubuh.

Dengan begitu, tubuh anda akan jauh lebih fit dan bisa menangkal munculnya alergi. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yakni dengan merebus terlebih dahulu susu kambing itu lalu meminumnya secara rutin di pagi hari.

Madu
Nilai gizi yang terkandung dalam madu dapat mengurangi alergi terhadap suhu dingin, terutama pada batuk yang biasa anda alami ketika suhu dingin. Pada madu, terkandung glukosa yang berbeda dengan yang terkandung pada bahan lain. Glukosa pada madu jauh lebih cepat diserap tubuh. Anda bisa mencampurkan madu pada beberapa hidangan minuman sebagai pengganti gula kristal.

Jeruk nipis
Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis merupakan penangkal jitu alergi pada tubuh anda. Sama seperti madu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga ampuh menangkis batuk yang disebabkan alergi terhadap udara dingin. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan madu atau kecap, lalu diaduk rata. Usahakan anda meminumnya secara rutin 3 kali sehari.

Kencur
Tumbuhan yang biasa digolongkan dalam ragam empon-empon ini mujarab untuk menangkal demam dan masuk angin yang merupakan tanda-tanda dasar seseorang mengalami alergi terhadap suhu dingin. Jika menyukai rasanya, Anda bisa mengunyah langsung rimpang kencur itu.

Tapi jika tidak, anda bisa memarutnya kemudian memerasnya. Minumlah air perasan kencur itu secara rutin 2-3 kali sehari.

Jahe
Bahan tradisional yang juga serumpun dengan kencur ini sudah sangat populer sebagai penghangat tubuh ketika suhu dingin. Semua jenis jahe pada dasarnya baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi, jahe merah adalah jenis jahe terbaik yang bisa anda konsumsi sebagai penangkal alergi dingin.

Tak heran, karena kandungan limonene yang tinggi dalam jahe merah, selain memberikan efek hangat pada tubuh, juga bisa menghambat virus influensa dalam tubuh Anda.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago