SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi)

Solopos.com, JAKARTA — Pernyataan Anies Baswedan yang mengaku siap menjadi calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024 memantik reaksi sejumlah anggota legislatif.

Salah satunya, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Menurutnya hal tersebut wajar dan menjadi hak siapapun untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya kira itu keputusan yang baik dan haknya. Nanti kita lihat apakah ada partai yang mau menerima karena selayaknya mereka yang berkeringat membangun partai yang biasanya dicalonkan,” kata Gilbert saat dihubungi, Jumat (16/9/2022).

Dia mengatakan PDIP, misalnya, memilih sosok yang akan diusung dengan melihat rekam jejak, dedikasi, dan kinerja. Namun, Gilbert tidak dapat memprediksi strategi maupun kebijakan dari partai lain yang mengusung Anies Baswedan.

“Mungkin ada partai lain yang berminat. Itu akan membuktikan apakah kinerjanya selama jadi gubernur memang layak jadi presiden atau tidak. Lewat pilihan rakyat,” katanya.

Baca Juga : Anies Baswedan Siap Jadi Calon Presiden 2024!

Di sisi lain, Gilbert menyinggung tentang etika Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta. “Tapi memang Bung Anies kurang memahami etika begitu. Contohnya rapat dengan DPRD saja hampir selalu absen [tidak hadir],” kata Gilbert.

Diberitakan sebelumnya, Anies menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024. Dia menyebut tidak ada kendaraan politik membuatnya memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

“Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya,” tutur Anies pada Kamis (15/9/2022).

Dia menyebut hasil survei yang kerap memposisikan namanya dalam tiga besar capres terjadi sebelum dia mulai berkampanye. Menurutnya, hasil survei bakal memberikan kredibilitas lebih baginya.

Nama Anies Baswedan masuk dalam tiga bakal capres yang akan diusung Partai NasDem. Selain dia, ada dua nama lain, yakni Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.

Baca Juga : Anies Siap Jadi Capres, PKS Sebut Calon Potensial

Ketiganya diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dalam forum rapat kerja nasional (Rakernas) pada Juni. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan juga sempat mengatakan bahwa partainya ikut mengusulkan Anies Baswedan untuk maju dalam Pemilu 2024.

Selain Anies Basweda, masih ada nama lain yang diusulkan menjadi Capres pada Pemilu 2024. Nama-nama lain yang juga diusulkan, yakni Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Anies Siap Jadi Capres 2024, PDIP Singgung Sosok Berkeringat Bangun Partai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya