SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) berjalan saat tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (21/9/2021). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah nama-nama kepala daerah, disebut-sebut akan maju dalam Pemilu presiden 2024.

Bahkan berbagai survei memunculkan nama mereka seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menempati posisi teratas sebagai figur calon presiden 2024 dari klaster kepala daerah.

Hal itu terungkap dalam hasil survei Lembaga KedaiKOPI, Minggu (19/12/2021). Okezone melansir dokumen hasil survei KedaiKOPI, elektabilitas Anies pada klaster kepala daerah ini sebesar 37,4 persen. Kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 34,5 persen.

Di urutan ketiga terdapat nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 13,8 persen. Angka elektabilitas ini terpaut jauh dari perolehan Anies dan Ganjar.

Setelah itu, pada urutan keempat ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang meraih angka 7,3 persen, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, survei Lembaga KedaiKOPI dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada 16-24 November 2021 dengan metode face to face interview atau home visit.

Jumlah responden sebanyak 1.200 dan error sampling sebesar kurang lebih 2.83 persen pada interval kepercayaan 95.0 persen. Populasi responden yakni pemilih usia 17-65 tahun.

Baca Juga: Survei SPIN: Prabowo Paling Cemerlang sebagai Capres 2024 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi salah satu kepala derah yang dinilai paling sukses di Pulau Jawa dalam menangani kasus Covid-19.

“Menurut Anda di antara gubernur-gubernur provinsi di Jawa berikut ini mana yang memiliki level hasil penanganan Covid-19 terbaik? DKI Jakarta-Anies Baswedan 37,2 Jawa Tengah-Ganjar Pranowo 29,1 Jawa Barat Ridwan Kamil 19,0 Jawa Timur-Khoffifah Indar Parawansa 12,6 Banten Wahidin Halim 2,1 persen,” tulis hasil survei KedaiKOPI.

Sebelumnya, lembaga yang menjadi bagian konsorsium internasional non-profit dan komersial, Deep Knowledge Analytics (DKA), menempatkan Jakarta berada di peringkat ke-47 dari 50 besar kota di dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19, dengan total skor 51,43.

DKA menjelaskan, hasil kajian itu berdasarkan data yang dikumpulkan hingga September 2021 dalam analisis bertajuk Covid-19 City Safety Ranking pada kuartal II-2021.

Tolak ukur dalam menganalisis respons kota dalamaca  penanganan pandemi Covid-19 itu adalah, vaksinasi, ekonomi, pencegahan, tata kelola pemerintahan, dan keamanan.

DKA menjelaskan, dalam analisis tersebut menggunakan total 8.000 data dengan mengaplikasikan kerangka analisis yang disusun menggunakan 114 indikator, yakni kualitatif dan kuantitatif.

Kemudian diklasifikasikan menjadi lima kategori yang diterapkan 72 kota di dunia. Lalu, dari 72 kota itu mengerucut menjadi 50 besar kota di dunia dengan skor tertinggi.

Baca Juga: Survei Pilpres INES: Airlangga Tertinggi, Disusul Prabowo dan Ganjar 

Dari hasil kajian terhadap 50 kota besar itu, untuk indikator ketahanan ekonomi, Jakarta memiliki nilai 11,05. Kemudian, efisiensi pemerintah nilainya mencapai 10,61, manajemen kesehatan 9,17, efisiensi karantina mencapai 12,81, dan vaksinasi 7,78.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Jakarta masuk 50 besar kota di dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19, salah satu indikatornya adalah capaian vaksinasi.

“Jakarta saat ini masuk 50 besar kota terbaik dalam penanganan Covid-19,” kata Anies saat saat membuka kegiatan Jakarta Investment Forum (JIF), di pada Kamis (11/11/2021).

Anies menjelaskan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Pemprov DKI, capaian vaksinasi dosis pertama warga di Jakarta hingga 10 November 2021, mencapai hampir 10,98 juta orang.

“Sedangkan, capaian vaksinasi dosis kedua mencapai 8,6 juta orang,” katanya.

Dari jumlah itu, 67 persen di antaranya adalah warga dengan KTP DKI Jakarta dan yang lainnya warga non KTP DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya