SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Angkutan Lebaran 2017, maskapai penerbangan mengajukan jadwal tambahan dari dan ke Bandara Adi Soemarmo.

Solopos.com, SOLO — Lima maskapai penerbangan mengajukan extra flight atau penambahan jadwal dan satu maskapai mengganti pesawat dari narrow body (berbadan sedang) menjadi wide body (berbadan besar) untuk melayani penumpang angkutan Lebaran 2017 di Bandara Adi Soemarmo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, menyampaikan total akan ada 14 jadwal tambahan, yakni tujuh jadwal dari Solo dan tujuh jadwal menuju Solo. Maskapai yang mengajukan jadwal tambahan di antaranya Citilink, Sriwijaya Air, dan Nam Air masing-masing dua jadwal untuk satu kali rute pergi pulang (PP), sedangkan Lion Air dan Batik Air empat jadwal untuk dua kali perjalanan PP setiap hari.

Garuda Indonesia memilih mengganti jenis pesawat dari narrow body, yakni Boeing 737 berkapasitas 162 kursi menjadi Airbus A330 berkapasitas 360 kursi. “Sampai saat ini extra flight yang diajukan maskapai masih untuk rute Solo-Jakarta baik ke Bandara Soekarno Hatta maupun ke Bandara Halim Perdana Kusuma, rute lain belum ada,” ujar Usman kepada Solopos.com, Sabtu (27/5/2017).

Dia mengatakan penambahan jadwal penerbangan dimulai 16 Juni atau sekitar 10 hari menjelang Lebaran hingga sepekan setelah Lebaran atau 2 Juli. Dia memprediksi jumlah penumpang selama masa angkutan Lebaran ini naik sekitar 10% dibandingkan tahun lalu.

Apalagi jumlah extra flight tahun ini lebih banyak jika dibandingkan sebelumnya. Tahun lalu hanya dua maskapai yang menambah jadwal sedangkan tahun ini ada lima maskapai.

“Semua perizinan sudah selesai jadi tinggal dioperasikan saat masa angkutan Lebaran,” kata Usman.

Dia mengatakan berbagai persiapan juga dilakukan seperti peningkatan keamanan, penyediaan layanan kesehatan, dan posko yang akan dioperasikan H-15 hingga H+15 Lebaran.

Sales Representatif Citilink, Cahyo Katon, mengatakan permintaan tiket pesawat terus meningkat menjelang Lebaran. Hingga saat ini tercatat sudah ada pemesanan lebih dari 70% untuk penerbangan reguler dan jumlah ini akan terus meningkat.

“Lebaran tahun lalu load factor [tingkat keterisian] sekitar 96%-97%, kami berharap minimal tahun ini juga sama,” ujar Cahyo.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, Aryo Wijoseno, menyampaikan Solo menjadi salah satu dari sembilan rute domestik yang akan ada penambahan kursi selama masa angkutan Lebaran. Perusahaan pelat merah ini menggunakan bigger aircraft (pesawat berbadan lebar) pada 23-24 Juni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya