SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Angkutan Bantul, Pemkab memperbaiki infrastruktur umum

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Perhubungan Bantul menambah lima titik halte baru pada tahun anggaran (TA) 2017 ini. Lima halte tersebut berlokasi di depan Pasar Barongan, SMA 1 Bantul, SMP 1 Pandak, utara pertigaan Sapu Angin dan di perempatan Bandung, Srandakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : ANGKUTAN BANTUL : Halte Kurang Layak, Dishub Tambah Lima Halte Baru
Namun pembangunan halte baru tersebut bukannya tanpa kendala, dari lima titik, satu di antaranya masih belum dapat dibangun karena masih diurus proses perizinannya. Kepala Bidang Angkutan Umum Dishub Bantul, Agus Yuli  menjelaskan status lima halte baru tersebut, dua halte dibangun di atas tanah kas desa, satu halte dibangun di jalan kabupaten, satu halte dibangun di atas tanah warga dan satu halte yang berlokasi di perempatan Bandung, Srandakan merupakan jalan provinsi yang harus mendapatkan izin dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) DIY.

“Sekarang sudah mengajukan IMB [Izin Mendirikan Bangunan] di tingkat kabupaten,” ujarnya, Senin (24/7/2017). Sedangkan pihaknya mengklaim empat halte lainnya akan siap digunakan pada Agustus depan. “Sudah 90 persen tinggal finishing,” tambahnya.

Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanto mengatakan pembangunan halte baru memang butuh perencanaan yang matang. Apalagi jika lokasi pendirian halte tersebut berada di jalan provinsi yang notabene menjadi kewenangan OPD terkait di tingkat provinsi. Selain harus mematangkan kajian, pihaknya juga harus mengantongi izin prinsip dan izin rekomendasi dari provinsi yang digunakan untuk mengajukan izin di tingkat kabupaten.

Aris menyebut pihak Dishub menggelontorkan dana sebesar Rp100 juta untuk pembangunan lima halte baru. Anggaran tersebut menurutnya sudah termasuk pendanaan dari tahap perencanaan hingga pembangunan fisik halte selesai dilakukan.

“Bangunan fisik dan konblok sudah selesai, tinggal cat saja. Target akhir bulan selesai,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya