SOLOPOS.COM - Petugas gabungan dan masyarakat membantu evakuasi mobil yang tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang di Semarang, Selasa (11/1/2022). (Solopos.com-Antara/Humas Polrestabes Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak tiga unit mobil mengalami kerusakan cukup parah setelah tertimpa pohon angsana berukuran besar yang tumbang akibat dihempas angin kencang di Jalan Pleburan Barat, Kota Semarang, Selasa (11/1/2022).

Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Untung Kistopo, membenarkan kejadian tersebut. Kejadian itu, menurut Untung, terjadi pada Selasa siang.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” ujar Untung, dikutip Antara, Selasa.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Brukkk! Pohon Tumbang di Pemalang Timpa 14 Tiang Listrik & 3 Mobil

Meski tidak ada korban jiwa, pohon besar yang tumbang itu mengakibatkan tiga unit mobil mengalami kerusakan. Tiga mobil yang rusak akibat tertimpa pohon itu yakni Toyota Avanza berpelat nomor H 1364 S, Daihatsu Terios berpelat nomor N 1132 R, dan Honda Jazz berpelat nomor H 1681 PW.

Dugaan sementara penyebab pohon tersebut tumbang adalah batang yang keropos. Sehingga, saat angin kencang menerjang pohon itu tak kuat lagi dan roboh hingga menimpa tiga mobil.

Petugas Polsek Semarang Selatan, BPBD Kota Semarang, dan masyarakat sekitar langsung membantu proses evakuasi pohon yang tumbang itu. Mereka juga langsung membersihkan area jalan dari sisa-sisa pohon tumbang.

Camat Semarang Selatan, Ronny Tjahjo, mengatakan pemangkasan terhadap dahan pohon yang roboh itu sebenarnya sudah sempat dilakukan. Meski demikian, ternyata batang pohon tersebut sudah lapuk sehingga tumbang saat cuaca ekstrem melanda.

Baca juga: Hujan Deras & Angin Kencang di Semarang, Pohon Tumbang Timpa Rumah

“Sudah dikurangi bebannya, tetapi ternyata ada yang lapuk,” katanya.

Selain di Pleburan, peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Jalan Semarang-Solo, Pudakpayung, Kota Semarang, Senin sore. Berdasarkan informasi dari Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pohon tumbang itu terjadi juga disebabkan angin kencang yang melanda wilayah Pudakpayung, Kota Semarang, sekitar pukul 16.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Meski demikian, pohon tumbang itu sempat menutup akses jalan nasional Semarang-Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya