SOLOPOS.COM - Para warga memperbaiki genting rusak yang tertimpa pohon jadi di wilayah Desa Sumberejo, Mondokan, Sragen, Minggu (8/5/2022). (Istimewa/BPBD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga rumah warga Desa Sumberejo, Kecamatan Mondokan, Sragen rusak dan satu kandang kambing roboh setelaha diterjang hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu (8/5/2022). Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut. Namun kerugian material ditaksir sekitar Rp15 juta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Agus Cahyono, mengatakan tiga rumah yang rusak disebabkan tertimpa pohon ambruk. Agus mencatat ada lima pohon tumbang akibat bencana alam tersebut. Selain itu, ada satu kandang kambing berukuran 4 meter x 6 meter yang ambruk di Dukuh Ngijo RT 003.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Laporan masuk pada pukul 16.25 WIB dan bisa tertangani pada pukul 18.15 WIB. Peristiwa hujan disertai angin kencang itu terjadi pada pukul 14.30 WIB mengakibatkan empat pohon jati dan satu pohon randu tumbang. Tiga pohon di antaranya mengenai rumah warga di Dukuh Ngroto RT 013A. Rumah yang tertimpa pohon itu milik Sukinah, Sutoyo, dan Moh Tohirin,” ujar Agus saat dihubungi Solopos.com, Senin (9/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan pohon dengan diameter 50 cm di Dukuh Karaban RT 012 tumbang melintang di jalan. Dampak angin kencang itu membuat listrik di desa itu padam. Kurangnya penerangan dan padatnya arus lalu lintas sempat menjadi kendala petugas dan sukarelawan melakukan evakuasi.

Baca Juga: Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Rumah Roboh di Toroh Grobogan

“Evakuasi melibatkan 25 personel dari unsur BPBD, TNI, Polri, SAR Himalawu, sukarelawan Santana, dan perangkat desa setempat,” katanya.

Sekretaris Kecamatan Mondokan, Endriyastono, membenarkan terjadinya bencana angin kencang di wilayahnya kemarin sekitar pukul 15.15 WIB. Musibah itu mengakibatkan banyak pohon tumbang. Ada pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik PLN sehingga mengakibatkan listrik padam.

“Sampai Minggu malam ada satu rumah kosong yang ambruk tetapi tidak ada korban jiwa. Tim BPBD meninggalkam lokasi sampai pukul 19.30 WIB,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya