SOLOPOS.COM - Tim SAR dan sukarelawan BPBD Klaten membersihkan los tembakau yang ambruk di Desa Karanglo, Klaten Selatan Selasa (8/11/2016) sore. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Angin kencang Klaten menumbangkan pohon dan mengenai mobil.

Solopos.com, KLATEN – Hujan deras disertai angin kencang membuat sebuah pohon di tepi Jl. Pemuda, Klaten Tengah tumbang, Selasa (8/11/2016) sore. Akibat kejadian itu, satu unit mobil yang terparkir di tepi jalan rusak pada bagian atap. Sementara di Karanglo los tembakau seluas 2.000 meter persegi ambruk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim SAR dan sukarelawan BPBD Klaten membersihkan los tembakau yang ambruk di Desa Karanglo, Klaten Selatan Selasa (8/11/2016) sore. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Tim SAR dan sukarelawan BPBD Klaten membersihkan los tembakau yang ambruk di Desa Karanglo, Klaten Selatan Selasa (8/11/2016) sore. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Salah satu petugas parkir di Jl. Pemuda, Tarmin, mengatakan ambruknya pohon tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Saat kejadian, hujan deras disertai angin kencang menerjang kawasan tersebut. Ia memastikan tak ada korban jiwa dari kejadian itu.

“Saat kejadian itu kondisi jalan sepi dan di dalam mobil tidak ada penumpang. Jadi tidak ada korban jiwa,” ungkapnya saat ditemui di sekitar lokasi.

Mobil yang tertimpa pohon yakni mobil honda CRV bernopol H 7706 SH milik Rohani, warga Dukuh Birin, Desa Karanglo, Klaten Selatan. Selain menimpa mobil, pohon tumbang juga menimpa kabel listrik dan sebuah mobil lainnya yang diparkir di tepi jalan tersebut. Mobil Honda HRV bernopol AB 1001 PE itu tak mengalami kerusakan.

Mobil tertimpa pohon tumbang di Jl. Pemuda, Klaten Tengah, Selasa (8/11/2016) sore. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Mobil tertimpa pohon tumbang di Jl. Pemuda, Klaten Tengah, Selasa (8/11/2016) sore. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Pemilik mobil Honda CRV, Rohani, mengatakan saat kejadian ia berada di  salah satu diler sepeda motor yang berada di tepi Jl. Pemuda. Rohani mengaku mobil tersebut tak diasuransikan. Diperkirakan, kerugian mencapai puluhan juta rupiah. “Saat itu saya di diler mau arisan motor. Tidak tahu kejadiannya seperti apa. Saya baru keluar itu saat alarm mobil menyala. Setelah keluar ternyata mobil tertimpa pohon,” kata Rohani.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas di Jl. Pemuda sempat dialihkan selama satu jam untuk evakuasi pohon tersebut. Sekitar pukul 16.00 WIB, pohon berhasil disingkirkan oleh sukarelawan BPBD Klaten dibantu mobil crane dari DPU dan ESDM.

Kepala BPBD Klaten, Bambang Giyanto, mengatakan tumbangnya pohon lantaran akar tak mengikat kuat ke tanah. Dari kejadian itu, perlu ada pengecekan pohon berukuran besar yang ada di sepanjang jalur utama. “Perlu dievaluasi semua pohon-pohon yang besar. Bisa jadi di bawah pohon itu tanahnya mengeras atau aspal sehingga akarnya tidak mengikat kuat,” kata dia.

Selain di jalan pemuda, peristiwa pohon tumbang juga terjadi di beberapa wilayah seperti di Desa Sapen, Manisrenggo, Desa Gatak, Ngawen, serta wilayah Kecamatan Delanggu. Selain merobohkan pohon, hujan deras disertai angin kencang juga membuat los tembakau sepanjang 100 meter dan lebar 20 meter di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan ambruk. Tak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya