SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang (JIBI/Solopos/Dok)

Angin kencang di Karanganyar Selasa sore membuat dua rumah tertimpa pohon.

Solopos.com, KARANGANYAR — Hujan lebat dan angin kencang kembali melanda sejumlah wilayah di Karanganyar pada Selasa (7/3/2017). Salah satunya ada di wilayah Jaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kondisi itu mengakibatkan sejumlah pohon dan tiang listrik tumbang. Bahkan dua rumah milik warga Desa Jati, Jaten rusak karena tertimpa pohon berusia ratusan tahun.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Informasi yang dihimpun Espos dari berbagai sumber, pohon yang menjadi turus jalan di Jalan Solo-Karanganyar tepatnya di dekat batas wilayah Jaten dan Tasikmadu tumbang. Selain itu, tiang listrik di dekat rumah sakit Jati Husada Jaten tumbang.

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar terpaksa menutup jalan sementara waktu dari perempatan Papahan menuju Jaten. Anggota Satlantas dibantu warga dan sejumlah sukarelawan mengevakuasi pohon yang tumbang ke jalan. Menurut salah satu pengguna jalan, Bambang, menuturkan polisi mengarahkan pengendara sepeda motor dan mobil untuk memutar arah melalui jalan lain. Saat kejadian, Bambang hendak pulang ke Solo.

“Ini saya lewat ke arah Papahan. Tapi disuruh putar balik karena pohon di dekat Gedung Dakwah itu tumbang. Saya mau pulang ke Solo,” kata Bambang kepada Solopos.com, Selasa.

Atap Rusak

Selain itu, angin puting beliung juga menyebabkan dua unit rumah milik warga di Dusun Jetis, Desa Jati, Jaten rusak karena tertimpa pohon tumbang. Kepala Desa Jati, Haryanto, menyampaikan dua rumah milik warga rusak pada bagian atap dan tembok karena tertimpa pohon berusia ratusan tahun. Dua rumah itu milik Paryono dan Rajimin.

Menurut Haryanto, pohon yang tumbang dan mengenai rumah warga itu adalah pohon yang dikeramatkan warga sekitar. Jarak pohon ke rumah dua warga itu sekitar tiga meter. Pemilik dan keluarganya tidak mengalami luka-luka karena mereka sempat menyelamatkan diri sebelum pohon tumbang.

“Enggak ada yang terluka. Pemilik rumah dan keluarganya sempat menyelamatkan diri sebelum pohon tumbang. Jadi sebelum pohon dengan diameter lima meter itu tumbang, ada pohon lain yang tumbang. Nah, saat itu hujan deras. Pemilik rumah dan keluarga lari ke luar rumah,” kata Haryanto saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Selain itu, menurut Haryanto masih ada pohon lain yang tumbang di Desa Jati. Tetapi, tidak merusak fasilitas umum maupun rumah milik warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya