SOLOPOS.COM - Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, mengecek stok dan distribusi oksigen di PT Samator Gas Industri Surakarta pada Senin (5/7/2021). (Istimewa/Dokumentasi Sub Bagian Humas Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar mengerahkan anggotanya untuk membantu mendistribusikan oksigen ke rumah sakit atau RS rujukan Covid-19.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo, menceritakan enam orang anggota Satpol PP diperbantukan ke salah satu rumah sakit untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen. Enam orang anggotanya itu sudah diperbantukan sejak Kamis (1/7/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mereka khusus membantu mengambil oksigen ke pabrik diantar ke rumah sakit itu. Mereka on call selama 24 jam. Pernah pukul 23.00 WIB dimintai tolong ambil oksigen,” tuturnya kepada Solopos.com, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Kapolres-Dandim Datangi Perusahaan Pemasok Oksigen Di Karanganyar, Ternyata Begini Kondisinya

Yopi tidak memberikan tambahan tugas kepada enam orang anggotanya yang membantu mengantar oksigen ke RS Karanganyar itu. Beberapa waktu lalu, lanjutnya, rumah sakit lain juga meminta bantuan Satpol PP untuk mengambil oksigen.

“Prinsipnya kami siap. Tidak usah prosedural. Langsung telepon saya, kami bantu tenaga distribusi. Ambil oksigen ke pabrik diantar ke rumah sakit. Tapi selain tenaga, kami tidak bisa membantu. Ini bagian dari komitmen Bupati Karanganyar membantu rumah sakit memenuhi kebutuhan oksigen,” jelasnya.

Siap Membantu Mengirim Ke Wilayah Jateng

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Yopi memfungsikan satu unit mobil Satpol PP menjadi kendaraan pengangkut tabung oksigen. “PT Samator kemarin yang katanya terkendala tenaga, sopir. Kami sudah mengirimkan delapan nama anggota Satpol PP yang siap dikontak sewaktu-waktu. Siap membantu mengirim se-Jawa Tengah.”

Baca Juga: Kapolres Karanganyar: Jangan Berani-Berani Timbun Oksigen!

Sebelumnya, saat menerima kunjungan dari Dandim dan Kapolres Karanganyar, Senin (5/7/2021), Pjs Kepala Cabang PT Samator Gas Industri Surakarta, Nanda Prasojo, menyampaikan kewalahan melayani permintaan oksigen yang tinggi dari RS maupun masyarakat selama satu bulan terakhir.

Dampaknya, empat orang sopir yang bertugas mendistribusikan oksigen ke mitra perusahaan kelelahan dan tidak masuk kerja. Nanda menyebut sopir perusahaan pemasok oksigen di Karanganyar itu kelelahan akibat beban kerja tinggi.

“Kami punya lima orang sopir. Tapi empat orang sopir tidak masuk karena kelelahan. Kami kewalahan dari sisi produksi dan distribusi,” kata Nanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya