SOLOPOS.COM - Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.

Solopos.com, JAKARTA — Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, memastikan prajurit TNI yang terbukti melakukan kekerasan di luar kewenangannya dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam akan mendapatkan sanksi pidana.

Aksi kekerasan yang dimaksud adalah yang dilakukan prajuritnya terhadap suporter Arema atau Aremania. Andika memastikan bahwa TNI tidak akan mengarahkan pelanggaran itu ke ranah disiplin, tetapi hukum pidana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah sejak kemarin sore melakukan investigasi sekaligus kami lanjutkan dengan proses hukum. Karena apa? Karena memang yang viral itu kan sangat jelas tindakan di luar kewenangan. Jadi kami tidak akan mengarah pada disiplin, tetapi pidana,” ujar Andika kepada wartawan di gedung Kemenpolhukam, Senin (3/10/2022).

Andika juga menyebut bahwa apa yang dilakukan oknum TNI pada video yang beredar tersebut bukan mempertahankan diri. Dia menyebut tindakan tersebut berlebihan dan masuk ke dalam tindak pidana.

“Yang terlihat viral kemarin itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau misalnya, bukan. Itu termasuk bagi saya masuk ke tindak pidana,” tuturnya.

Baca Juga : Dicari! Siapa Sengaja dan Lalai di Tragedi Kanjuruhan

Andika juga mengimbau masyarakat atau pihak lain yang memiliki video lain dari aksi anggota TNI saat berada di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu malam itu dapat mengirimkan ke Puspen TNI atau ke dirinya langsung.

“Kami juga sambil menunggu nih. Apabila ada video-video lain yang bisa dikirim ke kami. Siapa tahu ada penonton yang saat itu juga mengambil video yang bisa jadi bahan melengkapi investigasi dan proses hukum.”

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul TNI Tendang Aremania, Andika Perkasa: Dia Bakal Dipidana!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya