SOLOPOS.COM - Bupati Grobogan Sri Sumarni memberikan sambutan dalam kegiatan Penguatan SDM dan Kelembagaan Menuju Karang Taruna yang Berprestasi, di pendapa Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/7/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI — Anggota DPRD Jawa Tengah sekaligus Pembina Karang Taruna Jateng, Baginda Muhammad Mahfuz ingin anggota karang taruna di Kabupaten Grobogan tidak menganggur.

Hal itu disampaikan Baginda saat memberi motivasi dalam kegiatan Penguatan SDM dan Kelembagaan Menuju Karang Taruna yang Berprestasi, di Pendapa Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jangan sampai ada anggota karang taruna menganggur, atau karena menganggur kemudian makanya jadi anggota karang taruna,” kata Baginda.

Caranya dengan melihat potensi yang ada di Grobogan, misal peternakan. Maka, sambung Baginda, ikut pelatihan peternak agar bisa beternak, sapi, domba atau kambing.

Sehingga sebagai anggota karang taruna bisa menunjukan kiprahnya di masyarakat dengan menunjukan kemampuan yang bermanfaat khususnya secara ekonomi.

Baca juga: Mantap! Temanggung Surplus Cabai hingga Agustus 2022

Saat pandemi Covid-19 lanjut Baginda, masyarakat dipaksa untuk memanfaatkan teknologi digital. Mulai belajar, bekerja, dan memesan makanan secara online.

“Kendati digitalisasi menyebabkan aktivitas sosial berkurang, namun jika dimanfaatkan secara bijak akan sangat membantu,” jelasnya.

Hal ini, tambah Baginda, menjadi tugas karang taruna untuk memanfaatkan teknologi digital misalnya untuk promosi potensi dari Kabupaten Grobogan.

“Jika perlu punya divisi khusus untuk mengindentifikasi potensi yang ada di Grobogan sehingga mampu menumbuhkan ekonomi di masyarakat. Untuk itu anggota karang taruna harus mampu berkompetisi,” ujar Baginda.

Baca juga: 54 Anggota Polres Grobogan Naik Pangkat Pas HUT Bhayangkara

Menanggapi saran dari Baginda, Bupati Grobogan Sri Sumarni langsung menawari anggota karang taruna di Grobogan untuk mengelola kandang ternak.

“Ada kandang ternak di Kecamatan Wirosari yang mampu menampung sekitar 300 ekor. Silahkan karang taruna mengelolanya, nanti kita carikan bantuan. Bisa juga dikomunikasikan dengan bang Baginda sebagai anggota DPRD Jateng,” ujar Bupati Sri Sumarni.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Grobogan Kurniawan mengatakan, kegiatan di pendapa tersebut memang ditujukan untuk meningkatkan SDM anggota karang taruna.

“Kami juga mengundang narasumber, Ketua Karang Taruna dari Desa Keling, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, dari organizer dan wartawan,” jelas Kurniawan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya