SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menganggap Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Solo sebagai sparring partner atau lawan tanding. Ia pun mempersilakan parpol tersebut mengkritik kebijakannya.

Pernyataan tersebut dia sampaikan saat diwawancarai wartawan seusai melakukan pertemuan tertutup lebih kurang dua jam dengan sejumlah politikus PKS di Rumdin Wali Kota Solo Loji Gandrung, Rabu (14/9/2022) pukul 12.30 WIB hingga 14.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mempersilakan PKS Solo terus bersikap kritis. “Harus dong [kritis], harus. Enggak masalah. Kami ini kan kayak sparring partner. Kritikan, masukan, evaluasinya, kami tampung untuk kebaikan Kota Solo,” tuturnya.

Gibran mengaku menerima banyak masukan dari politikus PKS Solo selama pertemuan itu. Salah satu yang menjadi titik tekan yakni terkait penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) agar tepat sasaran. Dia mengaku akan menindaklanjuti masukan-masukan tersebut.

“Ada beberapa [masukan], sudah saya catat semua, segera saya tindaklanjuti. Ada satu hal yang kami bahas agak lama. Terkait Solo untuk go international seperti apa. Saya sampaikan ke teman-teman PKS event-event apa saja yang sudah kami tarik,” katanya.

Baca Juga: Pengurus PKS Solo Diundang Makan Siang Gibran, lalu Bertemu dan Bicara 2 Jam

Gibran juga menyampaikan dampak apa saja dari sederet event nasional dan internasional yang telah digelar di Solo. Tapi dia menekankan perlunya langkah-langkah yang lebih konkret utamanya terkait bagaimana warga Solo bisa menyambut event-event tersebut.

Daging Anjing

“Salah satu yang perlu saya garisbawahi adalah konsumsi daging anjing itu,” katanya. Ihwal penilaian PKS Solo terhadap kinerjanya, Gibran mengatakan dirinya memimpin Solo baru sekira setahun enam bulan. Apalagi banyak pembangunan yang masih berjalan.

“Ya silakan, pokoknya kami evaluasi terus. Saya kan juga sebenarnya baru berapa lama di Solo. Satu setengah tahun? Nah tadi kan Pak Sugeng bilang tahun depan bisa mendekati 10. Ya pembangunan-pembangunannya kan belum selesai semua. Bertahap,” urainya.

Baca Juga: PKS Solo Beri Nilai 7 untuk Gibran: Kalau Kebijakannya Buruk Tetap Kami Kritik

Gibran mencontohkan proyek pembangunan di Kompleks Solo Techno Park (STP), revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), pembangunan Masjid Syeikh Zayed di Gilingan, dan Viaduk Gilingan. Bila pembangunan-pembangunan itu jadi, banyak yang bisa dinikmati.

“Tahun depan mulai banyak yang bisa kita rayakan,” tegasnya. Gibran juga menyerahkan kepada masyarakat Solo ihwal kinerjanya sejauh ini. Dia pun mengaku sangat senang mendapat banyak masukan dari para legislator dan politikus PKS.

“Saya enggak mikir masalah nilai, yang penting saya senang dapat masukan banyak tadi dari teman-teman PKS. [PKS getol mengkritik] Ya harus dong. Kalau saya sih terbuka saja dengan masukan-masukan, kritikan dari semua parpol, bukan hanya PKS,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya