SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, diapit Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kiri) dan Wabup Rober Christanto, dalam upacara HUT ke-104 Karanganyar, Kamis (18/11/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, hadir dalam acara upacara Hari Jadi ke-104 Karanganyar yang digelar di GOR Raden Mas Said, Karanganyar, Kamis (18/11/2021). Kehadiran putra Presiden Jokowi itu seolah ingin menunjukkan bahwa Kabupaten Karanganyar merupakan mitra penting bagi Kota Solo.

Dalam wawancara dengan wartawan seusai upacara, Gibran mengakui Karanganyar menjadi mitra strategis dalam pembangunan Kota Solo. “Karanganyar saya anggap sebagai partner strategis. Kota Solo tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa sinergisme dengan Kabupaten lain,” ujarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemitraan ini salah satunya dalam penanganan Covid-19. Dalam hal tersebut, Karanganyar dan daerah lain tidak perlu berkompetisi, namun justru bersinergi.

Baca Juga: Keren, Pemudi Karanganyar Ini Juarai Duta Lingkungan Tingkat Nasional

Demikian pula dengan kemitraan dalam bidang pariwisata, Gibran berharap akan ada kerja sama yang lebih erat dengan kabupaten yang wilayahnya berbatasan tersebut.

“Yang sudah dilakukan Bupati Karanganyar sangat luar biasa. Ke depan, kami berharap ada kerja sama bidang pariwisata atau yang lain. Akan lebih baik lagi jika di ada MoU-MoU [Memorandum of Understanding],” imbuh suami dari Selvi Ananda ini.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono menilai kehadiran Gibran pada upacara HUT Karanganyar memberi arti penting. Selain memberikan semangat kepada Karanganyar untuk membangun, juga memberikan semangat untuk bekerja sama dengan daerah lain.

Baca Juga: Tanaman Bangkai Ini Ternyata Umbinya Enak Dimakan, Pulen Seperti Ketan

“Ini sangat spesial, luar biasa. Ini semua tentu kehendak Tuhan. Karanganyar menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Kota Solo karena kedekatan, keakraban, dan untuk saling mengisi,” ujar Bupati.

“Kami dengan Wabup [Wakil Bupati Rober Christanto] ini mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Mas Gibran yang sudah menyemangati kami agar terus saling bersinergi agar Soloraya sejahtera, Covid-19 berlalu, guyub dan kompak sebagai ciri Soloraya,” ujarnya.

Sementara itu, upacara HUT Karanganyar berlangsung khidmat. Para pejabat dan peserta dari unsur Pemkab Karanganyar yang hadir mengenakan pakaian adat Jawa. Selain itu, semua susunan acara juga dilakukan menggunakan bahasa Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya