SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Elkann Baggott (bawah, tengah) berselebrasi dengan rekan-rekannya seusai membobol gawang Timnas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Selasa (14/6/2022). Indonesia menang dengan skor 7-0 atas Nepal sekaligus memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner up terbaik. (Antara/Humas PSSI)

Solopos.com, JAKARTA – Masih ada 12 hari lagi untuk mengetahui siapa saja yang mengajukan bidding menjdai tuan rumah Piala Asia 2023 selain Indonesia dan Korea Selatan.

Namun, semua negara yang sudah mengajukan dan baru mempertimbangkan bidding, sudah pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Tapi hanya Indonesia yang mengadakannya bersama dengan negara-negara lain.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Qatar dan Australia menjadi tuan rumah untuk dua dari tiga Piala Asia terakhir, sementara Qatar sudah dua kali menjadi tuan rumah pada 1988 dan 2011. Korea Selatan menjadi tuan rumah pada 1960, tetapi belum pernah lagi menjadi tuan rumah turnamen besar sepak bola sejak bersama Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Akan halnya Jepang, negara yang baru saja menggelar Olimpiade 2020 tahun lalu itu pernah menjadi tuan rumah Piala Asia pada 1992. Semua negara itu, kecuali Indonesia, pernah menjuarai Piala Asia. Jepang empat kali, Korea Selatan dua kali, sedangkan Qatar dan Australia masing-masing sekali.

Memang agak berat Indonesia memenangkan bidding tuan rumah Piala Asia 2023. Tapi tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola.

Baca Juga: Bali United Vs Persis Solo di Laga Pembuka Liga 1 Masih Belum Jelas

Yang jelas, menjadi tuan rumah bisa sangat menguntungkan, walau sewaktu Piala Asia 2007 Indonesia pernah mengalami hal ini tetapi tak berhasil lebih jauh dari fase grup.

Tahun 2007 adalah kali terakhir Indonesia lolos ke Piala Asia setelah 1996, 2000. dan 2004. Tampil di hadapan pendukung sendiri, penampilan timnas lebih baik dibandingkan tiga Piala Asia yang sebelumnya diikuti Indonesia. Tahun itu Indonesia memperlihatkan diri bisa mengimbangi dua tim kuat Asia, yakni Arab Saudi dan Korea Selatan, sampai kedua tim hanya bisa menang tipis .

Baca Juga: Piala AFF U-19: Ini Klasemen Grup A Setelah Indonesia Vs Vietnam 0-0

Setelah menundukkan Bahrain 2-1 dalam pertandingan pertamanya di Grup D, Indonesia memasukkan satu gol ke gawang Arab Saudi sebelum kalah tipis 2-1, sedangkan dalam pertandingan terakhir Korea Selatan mengalahkan Indonesia dengan hanya satu gol.

Pencapaian 2007 itu lebih baik dibandingkan dengan Piala Asia 1996,. 2000 dan 2004. (Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya