[ X ] CLOSE

Anda Tak Akan Menemukan Reklame Iklan Rokok di Kota di Jatim Ini

Pemerintah Kota Madiun berkomitmen untuk meniadakan reklame iklan rokok demi terpenuhinya hak-hak anak menyusul predikat Kota Layak Anak kategori Nindya yang sudah diraih.
Anda Tak Akan Menemukan Reklame Iklan Rokok di Kota di Jatim Ini
SOLOPOS.COM - Kemerlap lampu di Jl. Pahlawan, Kota Madiun pada malam hari, menjadikan kawasan tersebut jadi jujukan masyarakat. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Tidak banyak daerah yang wilayahnya bebas dari reklame iklan rokok. Salah satunya adalah Kota Madiun, Jawa Timur. Jadi, tak perlu capai mencari reklame iklan rokok di ruang publik karena itu tak ada.

Wali Kota Madiun, Maidi, memastikan hal itu. Ia mengatakan selama ini Pemerintah Kota Madiun berkomitmen mengurangi reklame produk rokok. Pemkot pun rela pendapatan daerah dari reklame ini berkurang demi kotanya lebih layak untuk anak.

Maidi menyebut sebelumnya ada seratusan reklame produk rokok yang tersebar di beberapa lokasi. Kini reklame itu sudah ditertibkan. Pemkot hanya menyisakan satu reklame yang bisa dimanfaatkan untuk produk rokok yakni di videotron. Itu pun dengan catatan penayangannya harus pada malam hari.

Baca Juga: Alhamdulillah, Nakes Madiun Terima Insentif Rp5 Miliar

“Kota Madiun saat ini sudah bebas dari reklame rokok. Artinya reklame rokok sudah tidak ada. Ini konsekuensinya memang pendapatan dari reklame turun. Tetapi kota menjadi betul-betul layak untuk anak,” kata dia seusai menerima penghargaan KLA Nindya, Kamis (29/7/2021).

Pengorbanan Pemkot Madiun menolak pendapatan dari iklan rokok terbayarkan dengan dianugerahkannya predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya pada 2021. Sebelumnya, Pemkot yang hanya KLA kategori Madya pada 2019.

Atas predikat itu, Pemkot Madiun kini melarang pemasangan reklame iklan produk rokok.

Maidi menyampaikan iklan rokok menjadi salah satu unsur penting dalam penilaian kota layak anak. Untuk itu, pemerintah benar-benar memperhatikannya.

Lebih lanjut Maidi menuturkan Pemkot juga menyediakan puluhan ruang terbuka hijau di seluruh kelurahan. Setiap ruang terbuka hijau itu juga menyediakan fasilitas khusus bagi anak-anak dan taman bermain anak. “Kami juga programkan sudut baca dan tempat bermain bagi anak-anak di rumah sakit dan mal,” jelas Maidi.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago