SOLOPOS.COM - Pemudik asal Bekasi, Valencia, 43, mendapatkan jamu dan takjil saat singgah di rest area Kodim 0726/Sukoharjo di Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (29/4/2022). (Magdalena Naviriana Putri/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Rest area Kodim 0726/Sukoharjo di Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, tepatnya seberang SMPN 3 Kartasura Sukoharjo menawarkan jamu yang berkhasiat mengurangi capek atau masuk angin kepada pemudik Lebaran.

Forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimca) Kartasura meninjau rest area Kodim 0726/Sukoharjo di Kartasura pada Jumat (29/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kodim 0726/Sukoharjo menggandeng perajin jamu tradisional Sukoharjo untuk menyediakan jamu di rest area.

Camat Kartasura, Joko Miranto, menyampaikan dukungan karena rest area tersebut ikut mengangkat potensi UMKM Sukoharjo.

“Kami forkopimca menyiapkan posko monitoring mudik di tempat ini. Sekaligus membangkitkan UMKM yang selama dua tahun ini agak tertatih-tatih karena pandemi. Mudah-mudahan geliat UMKM dapat bangkit kembali,” jelasnya.

Baca Juga : Senangnya, Pemudik di Rest Area di Kartasura Sukoharjo Dapat Jamu

Joko juga mengatakan bekerja sama dengan pembuat jamu lokal untuk menyiapkan jamu dan makanan ringan sekadar membatalkan puasa. Dia berharap logistik tersebut dapat menaikkan stamina pemudik.

Perajin Jamu asal Tawangsari yang tinggal di Ngabeyan, Sukoharjo, Misdi, 52, menyebut jamu yang dia tawarkan kepada pemudik di rest area tersebut memiliki khasiat mengurangi capek atau masuk angin.

“Ada kunyit asem, cabai puyang, godong kates [daun pepaya], beras kencur, gula asem. Kalau sekarang kunyit sama temulawak masih laris. Katanya jamunya Pak Presiden pas awal Corona. Kalau sehari-hari bisa jualan 24 liter pagi hari, sore itu 20 liter. Satu gelas Rp2.500. Merasa senang dilibatkan [saat mudik Lebaran 2022],” jelas pria yang sudah melakoni usaha membuat jamu sejak 30 tahun.

Baca Juga : Ini Rest Area Terbaik Tol Jakarta-Solo Buat Istirahat Pas Mudik

Danramil Kartasura, Kapten (Inf) Mardiyanto, mewakili Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Agus Adhy Darmawan, mengatakan rest area dilengkapi fasilitas minuman jamu, tempat tidur, hingga mie instant, dan peralatan medis.

“Kami mengimbau pemudik hati-hati di jalan. Mudah-mudahan [rest area] dapat memberikan manfaat bagi para pemudik yang sudah dua tahun tidak mudik,” tutur dia.

Mardiyanto menyampaikan selain jamu, rest area akan menyuguhkan minuman lain, seperti teh, kopi secara gratis kepada pemudik yang mampir ke rest area di Kartasura itu.

“Silakan pemudik yang merasa kelelahan mampirlah ke posko kami. MCK [mandi cuci kakus] ada, mie instan, tempat tidur, charger gratis. Posko dibuka selama 24 jam sampai Senin [9/4/2022]. Lokasinya kami pinjam di STIE STEKOM,” ungkap dia.

Baca Juga : Monte De Karlo Sijaran, Rest Area Baru di Klaten Selatan

Mereka juga membagikan jamu sebagai takjil untuk pemudik. Jamu yang disediakan, seperti beras kencur, kunir asem, pegel linu, wedang uwuh, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya