SOLOPOS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin. (Twiotter@KremlinRussia_E)

Solopos.com, JAKARTA — Perang Rusia versus Ukraina yang belum ada tanda-tanda kapan berakhir memicu kekhawatiran dunia.

Apalagi, jika jika Rusia memutuskan untuk menggunakan nuklir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rusia dikabarkan terdesak dari Ukraina belakangan ini. Itulah salah satu alasan mengapa Vladimir Putin mengumumkan untuk melakukan mobilisasi parsial.

“Jika integritas teritorial negara kami terancam, kami tanpa ragu akan menggunakan semua cara yang tersedia untuk melindungi Rusia dan rakyat kami, ini bukan gertakan,” kata Vladimir Putin dalam pidato terbarunya, seperti dikutip Solopos.com, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Tinggalkan Negara, Warga Rusia Hindari Perintah Putin Bertempur di Ukraina

Secara garis besar, mobilisasi parsial adalah upaya untuk mempertahankan negara dengan mengerahkan seluruh cadangan yang ada, dalam hal ini adalah militer.

Itu artinya, semua pihak yang ada di negeri tersebut harus berkontribusi dan membantu pemerintah jika perang terjadi.

Meski demikian, mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev memberi isyarat bahwa mobilisasi parsial yang diumumkan Putin adalah pintu gerbang menggunakan nuklir.

Baca Juga: Empat Wilayah di Ukraina Gelar Referendum Gabung Rusia

Dmitry Medvedev mengatakan setiap senjata di gudang senjata Moskow, termasuk senjata nuklir strategis, dapat digunakan untuk mempertahankan wilayah yang tergabung dalam Rusia dari Ukraina.

“Rusia telah mengumumkan tidak hanya kemampuan mobilisasi, tetapi juga setiap senjata Rusia, termasuk senjata nuklir strategis dan senjata berdasarkan prinsip-prinsip baru, dapat digunakan untuk perlindungan tersebut,” katanya.

Jika Vladimir Putin nekat menggunakan nuklir, maka kerugian akan dirasakan oleh seluruh masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

Presiden AS, Joe Biden yang mendukung “kemerdekaan” Ukraina, juga mengaku ngeri jika Vladimir Putin sampai nekat menggunakan nuklir.

“Jangan. Jangan. Jangan. Anda akan mengubah wajah perang tidak seperti apapun sejak Perang Dunia II,” kata Biden ketika ditanya tentang kemungkinan Rusia menggunakan nuklir.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Gawat! Senior Vladimir Putin Beri Isyarat Perang Nuklir, Awal Perang Dunia III?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya