Tak Dianjurkan Pakai Masker, Begini Cara Lindungi Anak Usia Di Bawah 2 Tahun
Solopos.com|lifestyle

Tak Dianjurkan Pakai Masker, Begini Cara Lindungi Anak Usia Di Bawah 2 Tahun

Ada beberapa cara untuk melindungi anak usia di bawah 2 tahun dari Covid-19.

Solopos.com, SOLO--Anak usia di bawah 2 tahun tak dianjurkan pakai masker. Padahal hal ini merupakan salah satu protokol kesehatan untuk pencegahan persebaran Covid-19.

Lalu, bagaimana cara menjaga anak usia di bawah 2 tahun dari risiko penularan Covid-19 saat berada di luar rumah? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Menurut dokter dari Klikdokter.com Devia Irine Putri, anak usia di bawah 2 tahun memang tidak dianjurkan memakai masker. Alasannya, pada usia tersebut, mereka lebih rentan mengalami sesak napas karena terhambatnya aliran oksigen ke saluran pernapasan.

Baca Juga:  Sebelum Ditangani, Kenali Jenis-Jenis Obesitas Terlebih Dulu

Karena tidak dianjurkan untuk memakai masker, banyak orang tua khawatir akan keselamatan dan kesehatan si kecil saat berada di luar rumah. Lalu bagaimana dong? Tenang. Ada beberapa cara untuk melindungi anak usia di bawah 2 tahun dari Covid-19.

Berikut ini cara melindungi anak usia di bawah 2 tahun dari penularan Covid-19 seperti mengutip laman Klikdokter.com, Senin (7/6/2021):

1. Tidak mengajak anak ke luar rumah

Menurut dokter Devia Irine Putri, cara paling utama yang bisa dilakukan orangtua untuk mencegah penularan virus corona pada anak usia di bawah 2 tahun adalah dengan tidak membawanya ke luar rumah.

Apalagi jika status penyebaran virus corona di daerah rumah Anda masih tinggi. Mengajak si kecil ke luar rumah justru sangat berbahaya.

Lebih baik, bermain dan melakukan kegiatan seru bersama di rumah saja sementara waktu ini.

2. Perhatikan jarak dan suasana yang dituju

“Jikapun Anda dan si kecil harus keluar rumah, perhatikan jarak dengan orang lain. Pilih juga tempat yang memang sepi dan tidak pergi di waktu-waktu weekend atau libur (yang cenderung lebih ramai),” ujar dr. Devia Irine.

Baca Juga: Dilakukan Gibran untuk Usir Masuk Angin, Ini Bahaya Kerokan di Leher

Anda juga disarankan untuk mencari ruangan terbuka atau outdoor ketika mengajak anak usia di bawah 2 tahun pergi ke luar rumah. Hal ini guna mendapatkan sirkulasi udara yang baik ketimbang berada di ruangan yang tertutup.

3. Berikan ASI dan makanan bernutrisi

Daya tahan tubuh yang prima berperan penting mencegah penularan penyakit. Salah satunya bisa diperoleh dari asupan ASI dan MPASI yang bernutrisi.

Itu sebabnya, dr. Devia Irine Putri menekankan agar orangtua terus memaksimalkan asupan nutrisi pada anak usia di bawah 2 tahun. Bila bayi masih full ASI, ibu harus mengonsumsi makanan sehat setiap harinya untuk memaksimalkan kualitas nutrisi ASI yang dihasilkan.

Kalau si kecil sudah berusia di atas 6 bulan, berikan MPASI padat gizi sesuai kebutuhannya. Pastikan juga anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

4. Terus pantai pergerakan anak

Orangtua juga diminta untuk memantau pergerakan atau aktivitas yang dilakukan anak usia di bawah 2 tahun saat berada di luar rumah.

Baca Juga: Kenali Risiko Filler Hidung Seperti Dilakukan Kekeyi

Anda juga bisa membatasi ruang geraknya dengan cara menggendong anak. Pastikan juga stroller yang digunakan sudah tertutup saat anak sedang duduk atau tidur di dalamnya.

5. Ajari anak menjaga kebersihan sejak dini

Meski anak usia di bawah 2 tahun, bukan berarti Anda tidak bisa mengajarkan mereka menjaga kebersihannya sejak dini.

Ajarkan untuk selalu mencuci tangan setiap kali usai ke luar rumah atau memegang benda asing. Ajarkan juga agar si kecil tidak sering menyentuh area wajah setelah memegang benda-benda asing.

Butuh kesabaran dan waktu, tentunya. Tapi, teruslah mengajari dan memberikan contoh pada si kecil untuk menjaga kebersihan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago