SOLOPOS.COM - Tim Satgas Pangan Sumatra Utara meninjau gudang produsen minyak goreng kemasan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (18/2/2022). (JIBI/Bisnis/Nanda Fahriza Batubara)

Solopos.com, JAKARTA — Anak perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Salim Invomas Pratama Tbk (SIMP), mengklarifikasi soal temuan sekitar 1,1 juta liter minyak goreng yang ditumpuk di gudang produsen Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut).

Fakta itu terungkap oleh Satuan Tugas Pangan Sumut. Dalam keterangan resmi manajemen SIMP seperti dilansir Antara di Jakarta, Sabtu (19/2/2022) menyebutkan minyak goreng tersebut merupakan pesanan dan siap didistribusikan kepada pelanggan dalam beberapa hari ke depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : 1,1 Juta Kg Minyak Goreng Numpuk di Gudang Bikin Gubernur Sumut Geram

“Semua stok yang tersedia merupakan pesanan dan siap untuk distribusikan ke para pelanggan kami untuk beberapa hari ke depan,” katanya.

Manajemen SIMP menjelaskan pabrik minyak goreng tersebut memprioritaskan pemenuhan kebutuhan minyak goreng untuk pabrik mie instan grup perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Deli Serdang. Hal ini, katanya, demi memastikan kebutuhan pangan tersedia dan suplainya baik.

“Hasil produksi minyak goreng kami di Pabrik Lubuk Pakam, Deli Serdang, terutama digunakan untuk kebutuhan pabrik mie instan Indofood di wilayah Sumatera sebesar 2.500 ton/bulan,” jelasnya.

Baca Juga : Polisi Selidiki Dugaan Penimbunan 1,1 Juta Kg Minyak Goreng di Sumut

Selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri, lanjutnya, kelebihan minyak goreng diproses menjadi minyak goreng bermerek dalam berbagai ukuran. Terutama, kemasan 1 liter dan 2 liter sebanyak 550.000 karton/bulan.

Minyak dalam kemasan itu rutin didistribusikan kepada distributor dan pasar modern di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, dan Jambi. “SIMP sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia senantiasa mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Dalam hal ini terkait dengan peraturan Kementerian Perdagangan,” ujarnya.

Baca Juga : 1,3 Juta Liter Minyak Goreng Ditimbun, Ini Alur Distribusinya di Sumut

Sebelumnya, Tim Satgas Pangan Sumut mendapati salah satu produsen di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara menumpuk lebih dari satu juta liter minyak goreng. “Hari ini kami melakukan sidak lapangan dan menemukan produsen menyimpan sekitar 1,3 juta liter minyak goreng,” ujar Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumut, Naslindo Sirait, di Medan, Jumat (18/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya