SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Istimewa Forum Anak Desa Sawahan Kecamatan Ponjong Gunungkidul

JIBI/Harian Jogja/Istimewa
Forum Anak Desa Sawahan Kecamatan Ponjong Gunungkidul

Harian Jogja.com, GUNUNGKIDUL – SOS Children’s Villages membentuk forum anak tingkat desa di Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Minggu (21/7/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fasilitator Forum Anak dari SOS Children’s Village, Dede Apriyanto mengatakan melalui forum anak ini hak anak-anak di Desa Sawahan bisa terakomodir. Ia juga berharap anak-anak tidak lagi menjadi objek dari program yang disusun sendiri melainkan menjadi subjek.

“Anak-anak juga bisa terlibat dalam kegiatan desa sepeti musyawarah rencana pembangunan desa [Musrenbangdes]. Mereka juga bisa terlibat dalam pelatihan, penyuluhan dan workshop yang dilakukan PKK serta karangtaruna sesuai kapasitas mereka,” papar dia, Minggu (21/7/2013).

Kepala Desa Sawahan, S Suyatno mengimbau masyarakat dan pemerintah desa untuk mendukung setiap kegiatan anak. Warga diminta untuk tidak meremehkan anak-anak. Ia berharap pengurus forum anak dapat mengembangkan kegiatan di seluruh wilayah Sawahan.

“Saya berharap forum anak ini bisa mengakomodir semua anak-anak yang ada di Desa Sawahan,” papar dia.

Selain peresmian forum anak, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk memformulasikan permasalahan yang dihadapi anak-anak.

Dalam FGD tersebut dibahas mengenai kerawanan anak-anak putus sekolah setelah SLTP, buta aksara, jaringan internet yang ramah anak, akses transportasi ke sekolah yang rusak berat, sosialisasi 3M, kurangnya partisipasi anak dalam musrenbangdes maupun musyawarah keluarga, serta permasalahan akte kelahiran.

Forum Anak Desa Sawahan (Foransa) ini dinahkodai Bowo dari Dusun Jatisari. Bersama 45 personilnya, ia bertekad untuk berjuang mengenalkan forum anak dan memperjuangkan hak anak di Desa Sawahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya