SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak belajar di ruang belajar selama pandemi corona.

Solopos.com, SOLO -- Di masa pandemi ini, semua orang harus bisa menerapkan kebiasaan baru. Termasuk para pelajar yang harus menjalani pembelajaran secara online.

Sejak pandemi 2020, pelajar harus belajar di rumah saja, meski sejumlah sekolah kini mulai menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM). Hal ini tentu menimbulkan rasa bosan berkepanjangan terutama untuk anak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain rasa bosan untuk anak, orang tua yang tidak terbiasa mengajari anak selama sekolah online juga akan merasa tertekan dan jenuh. Belum lagi jika ada berbagai gangguan dari lingkungan rumah yang menyebabkan anak tidak konsentrasi saat belajar. Agar hal ini tidak terus menerus mengganggu, orang tua harus menumbuhkan kreativitas untuk membuat anak betah belajar online.

Baca Juga: 10 Tips Memanfaatkan Barang Tak Terpakai untuk Sekat Ruang

Salah satu cara yang mungkin bisa Anda coba adalah mendesain ruang belajar. Mendesain ruang belajar ini dipercaya bisa membuat minat anak belajar bertambah serta menciptakan hawa positif bagi anak serta orang tua yang membimbing anak belajar online. Dilansir dari Liputan6.com, ada berbagai cara yang bisa Anda coba di rumah.

1. Terapkan dasar ruang belajar
Menerapkan dasar ruang belajar bisa dilakukan dengan menentukan ruangan tersendiri. Hindari meletakkan TV serta suasana bising agar anak bisa fokus belajar online. Selain itu, perlu menciptakan suasana yang menstimulasi sehingga dapat mengoptimalkan proses belajar.

Bikin Posisi Duduk yang Nyaman Saat Belajar

2. Warna tembok yang segar dan menenangkan
Perhatikan desain yang ada di ruangan belajar anak. Jika berkonsep playful, terapkan aksen minimalis pada ruang belajar anak. Warna yang bisa dipakai yakni hijau muda, biru muda dan kuning muda. Warna tersebut dapat meningkatkan konsentrasi dan menimbulkan rasa nyaman pada suasana ruangan.

Baca Juga: Ketahui 4 Faktor Pemicu Milenial Alami Gangguan Tidur

3. Meja dan kursi yang nyaman
Posisi duduk anak sangat mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan tulang. Jika tidak didukung dengan kursi dan meja yang baik, maka anak bisa terkena penyakit kelainan tulang.  Maka dari itu, pilihlah kursi dan meja belajar yang tepat agar anak bisa belajar dengan nyaman.

4. Pencahayaan
Pencahayaan di ruang belajar anak harus diperhatikan. Pencahayaan yang baik dapat membuat anak lebih nyaman belajar online. Apalagi di era new normal ini, pembelajaran secara online anak dituntut melihat gawai setiap hari selama berjam-jam. Sehingga perlu pencahayaan lampu yang baik agar mata anak tidak bermasalah. Selain lampu utama, beri lampu belajar pada meja belajar anak.

5. Lemari Penyimpanan
Benda satu ini wajib ada di ruangan belajar anak. Disarankan untuk memilih lemari yang tidak terlalu besar karena hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan perlengkapan sekolah. Dengan adanya lemari, tentu perlengkapan sekolah anak dapat terorganisir dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya