SOLOPOS.COM - Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi saat pentas bersama grup musik Oxytron Metafakta. (Instagram/@oxytronofficial)

Solopos.com, JOMBANG — Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi, 42, anak kiai ternama di Jombang, Jawa Timur, yang menjadi tersangka pencabulan santriwati ternyata juga dikenal sebagai musisi.

Dia adalah seorang founder grup musik Oxytron Metafakta yang diklaim sebagai musik terapi kesehatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Grup musik ini dibentuk sekitar tahun 2018 yang beranggotakan Irwan, Indro Hardjodikoro, Indra Qadarsih Yudho, dan Ermi Tholabl Ilmi. Saat pentas bersama rekan satu grupnya, Mas Bechi menggunakan nama panggub Adewe Azal.

Grup musik ini pun sudah pentas di berbagai wilayah di Pulau Jawa untuk memperkenalkan musik tasawuf tersebut. Bahkan, Mas Bechi juga membuka kelas terapi online dengan Oxytron musik metafakta. Dia berada di posisi keyboardist.

Mas Bechi menyebut musik metafakta adalah musik yang memperhatikan gelombang. Dia juga mengkalim musik yang dia mainkan adalah musik tasawuf.

“Hanya menggunakan gelombang suara yang dihasilkan dari suatu musik, dengan kuasa Allah dia bisa sembuh [dari penyakit]. Kalau berbicara secara teori, maka jelas akan dibantah. Nah oxytron ini adalah musik tasawuf,” terangnya dalam video Bincang-Bincang Musik Oxytron di Youtube pada September 2021 yang ditilik Solopos.com, Senin (11/7/2022).

Baca juga : Mas Bechi Jombang Ternyata Anak Band, Ini Grup Musiknya

Metafakta Oxytron

Diberitakan sebelumnya, dalam wawancara dengan sebuah televisi swasta yang disiarkan lewat Youtube, Indra Qadarsih menjelaskan musik itu adalah bentuk terapi selama formatnya instrumen. Hal ini ia sadari ketika bertemu dengan Moch Subchi Al Tsani atau Mas Bechi.

“Selama ini kan kita tahu musik di industri ya. Kemaren pas gue ke Jombang ketemu Mas Bechi ternyata pada dasarnya musik itu punya fungsi terapi kalau dia instrumen. Kalau enggak ada vokal, enggak ada lirik,” kata Indra Qadarsih sebagaimana dikutip Solopos.com, Sabtu (9/7/2022).

Musik yang menjadi fungsi terapi adalah metafakta oxytron. Kata oxytron adalah singkatan dari oksigen dan elektron. Musik metafakta ini menggabungkan gelombang frekuensi yang bisa mempengaruhi tubuh manusia.

Indra menjelaskan gelombang suara menghasilkan elektromagnetik yang baik untuk pernapasan dan peredaran darah. Gelombang ini juga bisa membersihkan udara dan alam.

Baca juga: Mas Bechi Jombang Ternyata Anak Band, Ini Grup Musiknya

Sementara itu ditilik dari akun Instagramnya @musikmetafakta, dijelaskan bahwa oxytron adalah suatu nama system olah suara dengan daya metafakta.

“Meta : sesuatu yang tak tampak kasat mata; Fakta : sesuatu yang bisa disaksikan nyata secara langsung.

Fakta dengan kekuatan meta adalah visualisasi hal2 akurat yang dapat tertangkap panca indra manusia khususnya pada tangkapan akal dan otak manusia yang kadang tidak selalu dapat menangkap informasi meta dengan mudah.

Dan OXYTRON BAND adalah band satu2nya di dunia yang memiliki system kelola daya serta ragam frekwensi dan resonansi secara teratur dan berkesinambungan yang bermanfaat untuk manusia dan alam,” demikian caption dalam salah satu unggahannya.

Dalam Instagram tersebut juga diunggah berbagai kegiatan, hingga promosi tentang terapi online. Menariknya, dalam unggahannya terdapat juga foto Mas Bechi yang diduga menjadi salah satu terapis dengan ilmu metafakta oxytron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya