Anak-anak Rentan Mengalami Nyeri Punggung, Ini Cara Mengatasinya

Rentan dialami anak-anak di masa pandemi Covid-19, bagaiman cara mengatasi nyeri punggung pada anak kecil?
Anak-anak Rentan Mengalami Nyeri Punggung, Ini Cara Mengatasinya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri punggung pada anak. (Fix24wellnessstudio.com)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana cara mengatasi nyeri punggung pada anak-anak?

Di masa pandemi Covid-19 ini, anak-anak juga rentan mengalami nyeri punggung. Hal ini mengingat aktivitas anak-anak lebih banyak dilakukan di rumah dengan pembelajaran daring.

Baca Juga:  Daftar Lengkap Pemenang Indonesian Music Awards 2021, Ada Lyodra

Apalagi sekarang teknologi semakin berkembang, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak bisa menyebabkan mereka menjadi kurang aktif berkegiatan dan bergerak. Maka dari itu, saat tidak bergerak, punggung menjadi mati rasa dan akan muncul rasa nyeri.

Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri punggung pada anak?

Baca Juga:  Daripada Jajan Mahal, Yuk Bikin Tengkleng Khas Solo dengan Resep Ini

Dari penelitian yang dilakukan diluar negeri pada masa pandemi Covid 19, disebutkan oleh Koordinator Pelayanan Medik dan Keperawatan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, Dr. dr. Retno Setianing, Sp.KFR (K), anak-anak mengalami nyeri punggung disebabkan oleh berbagai hal, seperti aktivitas fisik berkurang, kemampuan fungsional menurun, hingga jam tidur yang meningkat.

Adapun untuk mengatasi anak yang mengalami nyeri punggung harus dilakukan beberapa cara, seperti sering istirahat 1-2 jam sekali ketika berada di depan layar dan juga mengatur posisi tubuh.

Baca Juga:  Viral Ada Bakul Ngepruk Harga, Ini Hlo Deretan Tengkleng Murah di Solo

Bukan hanya itu saja, hindari membaca dengan berbaring. Posisi ini akan menyebabkan tekanan pada bagian punggung. Selain itu, kelebihan berat badan juga bisa menjadi faktor seseorang mengalami nyeri punggung.

“Tentu saja yang penting posisi meja, ketinggian mejanya diatur. Harus ada istirahat 1-2 jam sekali. Minum air putih dan istirahat tidur yang cukup,” ujar dr. Retno kepada Solopos.com, Senin (6/12/2021) melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa, Ini Hukumnya dalam Islam

Mengatasi Nyeri Punggung pada Anak di RSO Soeharso Solo

Dr. Retno juga mengatakan untuk mengatasi nyeri punggung pada anak juga diperlukan pemeriksaan oleh dokter di ahlinya. Dengan begitu, pengobatan bisa tepat sasaran.

Kini, di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta terdapat beragam paket-paket pemeriksaan yang menarik dan hemat di kantong untuk skrining nyeri punggung maupun lutut.

Baca Juga:  Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Tersedia empat paket yang bisa masyarakat pilih melalui program Punggung dan Lutut Sehat. Dengan mengikuti program pemeriksaan ini, masyarakat bisa mendeteksi penyakitnya sejak dini sehingga bisa diobati.

“Lebih baik menemukan seawal mungkin. Bukan pas sakit. Belum ada keluhan sudah ke sini sehingga bisa dicegah,” ungkap dr. Retno.

Baca Juga:  Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Bagi Anda yang berminat silakan mendaftar secara online di Pendaftaran.rso.go.id atau bisa datang langsung ke Poliklinik Rehabilitasi Medik lantai 2 Gedung Pelayanan Terpadu di rumah sakit yang berlokasi di Jl Ahmad Yani 157, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago