SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Batikvaganza yang memamerkan stan batik dari daerah Solo dan beberapa kota lain, merupakan rangkaian acara dari Rapimnas Kadin 2018 di Alila Hotel Solo (26-28/11/2018)

Selain memamerkan beragam batik khas Solo yang masih berupa kain maupun yang sudah jadi kemeja, baju, dan beraneka ragam fashion lainnya, juga memamerrkan beberapa makanan ringan, dan produk rumahan baik dari Solo dan daerah lain.

Promosi Sukomulyo Gresik Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Salah satu yang menarik yakni  stan batik dari Kendal  yang memberdayakan anak-anak berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Mutiara Bangsa Kendal. Sekolah ini memiliki brand batik bernama  Batik Ekspresi Alam.

Ekspedisi Mudik 2024

Batik ini  dilukis oleh anak-anak berkebutuhan khusus sebagai media eksperesi mereka. Menggunakan bahan alami dalam pewarnaannya, batik ini menunjukkan kekayaan alam Indonesia dan menujukkan bahwa anak berkebutuhan khusus dapat mengelola sumber daya alam yang ada.

Penggunaan pewarna alami juga aman untuk digunakan bagi pelanggan serta ramah lingkungan. Selain itu proses pembatik secara abstrak dari anak berkebutuhan khusus membuat produk Batik Ekspresi Alam lain dari pada yang lain. Kegiatan membatik ini juga menjadi terapi anak berkebutuhan khusus.

“Kami berusaha untuk memberdayakan anak berkebutuhan khusus bahwa mereka juga bisa berkreasi dan berkespersi,” ucap kepala sekolah SLB Mutiara Bangsa, Nina Dewi Nurchipayana, pada Solopos.com Selasa (27/11/2018) di Alila Hotel Solo.

Sejak di didirikan tahun 2011 SLB Mutiara Bangsa memang memiliki tujuan pendidikan bagi para siswanya untuk dapat hidup mandiri, termasuk mandiri secara finansial salah satunya dengan berkarya lewat Batik Ekspresi Alam.

“Kan sia-sia kalau cuma menggambar di kertas atau cuma memotong-motong kertas biasa. Maka kami salurakan kegiatan itu untuk membantik. Sekaligus untuk terapi buat meraka [anak berkebutuhan khusus],” terang Nina.

Adapun hasil dari Batik Ekspresi Alam yang di pamerkan dalam acara Batikvaganza berupa kain batik, kaos lukis, payung lukis, dan tas lukis dan aksesori wanita. Yang di jual dari harga Rp130.000 sampai Rp1.800.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya