SOLOPOS.COM - Amien Rais berbicara di acara IMM di Gedung Siti Walidah, kompleks Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Minggu (9/7/2017) sore. (Iskandar/JIBI/Solopos)

Amien Rais menyatakan siap memukul balik KPK saat berbicara di UMS.

Solopos.com, SUKOHARJO — Salah satu tokoh nasional Indonesia yang juga deklarator Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, mengatakan akan memukul balik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinilainya telah menghina dirinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia tak mengatakan secara jelas bagaimana atau kapan pukulan balik itu akan dilancarkan. “Saya akan pukul balik, caranya bagaimana? Tunggu tanggal mainnya,” ujar Amien Rais disambut tawa hadirin ketika memberi sambutan pada acara Halalbihalal dan Rakor Fokal IMM Jateng di Gedung Siti Walidah, kompleks Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Minggu (9/7/2017) sore.

Amien mengucapkan terima kasih kepada Forum Keluarga Alumni (Fokal) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang sudah mengirim surat pembelaan dirinya kepada KPK. KPK dinilainya memang telah menghina dirinya.

Amien menilai angin perubahan sudah jelas sekali. Dulu orang membuat panitia khusus (pansus) tentang KPK tidak mungkin. Sekarang walau dibela oleh artis dan sejumlah guru besar tata negara, pansus terus berjalan.

Dia menilai saat ini angin perubahan sudah berbalik arah. Dia juga mendesak orang yang menyiram penyidik KPK, Novel Baswedan, dengan air keras segera ditemukan.

“Anda nanti akan kaget sekaget-kagetnya. Yang jelas jenderal polisi juga [di balik semua itu],” kata dia dalam acara yang dihadiri anggota IMM dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah tokoh Muhammadiyah lainnya.

Menurut dia, Pansus KPK yang sudah bergulir juga dinilai sebagai pembalikan angin perubahan. “Selasa [11/7/2017], Marwan Batubara akan ke KPK menyodorkan data korupsi Ahok di Rumah Sakit Sumber Waras, soal reklamasi, dan lainnya. Insya Allah itu nanti bola akan menggelinding terus,” kata dia.

Dia menjelaskan dari luar atau selubung KPK berbau wangi. Tapi ketika dibuka isinya bau busuk, kepalsuan, dan nanti bisa dilihat. Amien menggambarkan dulu apa kata KPK ibaratnya mempunyai air liur api atau begitu sakti. Sekarang, ujar dia, jaksa-jaksa KPK dinilai telah terkuak memeras di berbagai tempat.

Tapi setelah dikuak DPR ketika berkunjung di LP Sukamiskin Bandung ternyata KPK dinilai jauh dari citra bagusnya. “Orang Solo bilang KPK itu trembelane lentho! Atau ternyata kamu itu kok seperti itu,” ujar dia.

Dia minta didoakan agar yang haq akan menang dan yang batil akan sempoyongan. Dengan demikian sandiwara kepalsuan di Indonesia segera bisa digulung.

Lebih lanjut, dia menjelaskan persoalan antara KPK dan DPR diselesaikan dengan saling jujur. Dia menilai saat ini KPK terkesan menghindar ketika dipanggil DPR yang akan menanyakan berbagai hal seperti penanganan kasus-kasus yang ditangani KPK selama ini.

“Kalau KPK ksatria, jujur, datanglah, dan DPR sebaiknya tidak takut lagi. Selama DPR menanyakan hal-hal yang proporsional dan kalau memang untuk perbaikan KPK saya kira akan menjadi titik temu,” kata dia.

Amien menilai anggapan yang sering mengatakan ada upaya pelemahan KPK adalah anggapan yang aneh. KPK dinilai sudah sangat lemah sebab bila menghadapi masalah besar KPK lembek, menghindar, dan kemudian mengendapkan semua kasus besar.

Dia mecontohkan kasus BLBI, Bank Century, kasus Sumber Waras, Pelindo, reklamasi, dan sebagainya yang tak ada kelanjutannya secara jelas. Bisa dikatakan, lanjut Amien, jika terbentur kasus besar KPK tak berani.

Selain itu, Amien mengatakan KPK juga telah melanggar Pasal 11 Undang Undang KPK yang menyatakan korupsi yang dikejar adalah yang nilainya di atas Rp1 miliar. Terkait itu dia berharap KPK direkonstruksi atau harus turun mesin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya